Sukses

9 Pemain Ini Jadi Bukti Tulehu Surga Sepak Bola Indonesia

Desa Tulehu, Maluku, bisa dibilang menjadi surganya bakat-bakat sepak bola.

Liputan6.com, Maluku - Tulehu selama ini dikenal sebagai pemasok bakat-bakat sepak bola di Tanah Air. Beberapa nama, sukses merajai dan menjadi bintang, termasuk pada ajang Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Baca Juga

  • Terkuak, Penyebab Tertundanya Kepindahan Mourinho ke MU
  • Temuan Baru di Balik Pemain Argentina yang Tewas di Lapangan
  • Pindah MU, Gaji Mourinho Tetap Kalah dari Guardiola

Desa Tulehu, Maluku, bisa dibilang menjadi surganya bakat-bakat sepak bola. Bila selama ini Papua dianggap yang paling berkuasa secara bakat, Tulehu muncul dengan beberapa nama bintang mudanya.

Beberapa pengamat sepak bola bahkan menjuluki Tulehu sebagai Brasil-nya sepak bola Indonesia. Beralasan, beberapa bakat muda turut bersinar pada TSC 2016.

Liputan6.com mencoba merangkum pemain asal Tulehu:

Ramdani Lestaluhu & Ambrizal Umanailo (Persija Jakarta)

Persija Jakarta bisa dibilang sebagai salah satu klub yang acap menemukan bakat asli Desa Tulehu. Bila pada periode 2000-an ada Imran Nahumarury, kali ini Ambrizal Umanailo dan Ramdani Lestaluhu yang bersinar.

Ramdani Lestaluhu memang sudah lama menjadi tulang punggung Macan Kemayoran. Hal itu pula yang diikuti oleh juniornya, Ambrizal Umanailo.

Munculnya nama Ambrizal cukup mengejutkan. Masih berusia 20 tahun, dia menjadi ujung tombak Persija bersama Jose Guerra. Satu gol dan satu assist sudah dia ciptakan untuk Persija

Hendra Bayauw (Mitra Kukar)

Nama Bayauw memang terkenal dengan kegesitannya. Pemain berusia 23 tahun ini sempat kembali ke Semen Padang untuk Piala Jenderal Sudirman lalu, sebelum akhirnya memperkuat Mitra Kukar pada TSC 2016.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tulehu Surga Sepak Bola Indonesia

Alfin Tuassalamony (PBFC)

Pemain berusia 23 tahun ini bisa dibilang diselamatkan oleh Pusamania Borneo FC. Setelah mengalami cedera, full-back jebolan SAD Uruguay tersebut ditampung oleh PBFC untuk TSC ini.

Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen & Pandi Lestaluhu (PS TNI)

Trio Tulehu ini menghiasi daftar skuat dari PS TNI. Ketiganya menjadi pemain andalan saat PS TNI kukuh tetap tak mau merekrut pemain asing.

Abduh Lestaluhu lebih dulu dikenal setelah bermain bersama Persija Jakarta. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini menjadi perhatian pada SEA Games 2013.

Sama halnya Abduh, Manahati juga turut menjadi gerbong timnas U-23 yang masuk PS TNI. Mantan kapten Bhayangkara Surabaya United ini masuk TNI setelah sepak bola Indonesia sedang kisruh.

Nama terakhir, Pandi Lestaluhu. Menjadi andalan Persija Jakarta dalam Bhayangkara Cup dan uji coba, Pandi malah hijrah ke PS TNI sepekan jelang bergulirnya TSC 2016.

3 dari 3 halaman

Tulehu Surga Sepak Bola Indonesia

Hasyim Kipuw (Bali United)

Kipuw bisa dibilang sangat kenyang pengalaman. Beberapa klub besar pernah dibelanya, dimulai dari Persija Jakarta, Surabaya United, hingga Arema Cronus. Pada TSC 2016, dia dikontrak selama semusim bersama Bali United.

Ridwan Tawainella (PSM Makassar)

Baru berusia 22 tahun, penampilan Ridwan mencuri perhatian kala PSM Makassar bertanding di Piala Sudirman 2015 lalu. Penampilan tersebut, membuatnya hingga kini memastikan satu tempat di lini tengah dan berduet dengan Syamsul Chaeruddin. (Oleh Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.