Sukses

Ghana Gagal Jadi Unggulan Pertama

Ghana boleh bangga dengan menjadi satu dari lima tim Afrika yang lolos kualifikasi PD 2010. Namun, di ajang Piala Afrika 2010, The Black Stars harus gigit jari, hanya ditempatkan sebagai unggulan kedua.

Liputan6.com, Luanda: Rencananya pada Jumat (20/11) besok, bertempat di Talatona Convention Centre, Luanda, Angola, Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) akan menggelar drawing atau undian babak penyisihan grup Piala Afrika 2010 yang akan berlangsung pada 10-31 Januari mendatang.

Sebelum drawing digelar, CAF memilah 16 tim yang berhak tampil ke dalam empat pot (unggulan). Nasib naas menimpa tim raksasa Afrika, Ghana. Meskipun berhasil menjadi salah satu dari lima tim Afrika yang lolos kualifikasi PD 2010—di luar Afrika Selatan yang lolos otomatis karena menjadi tuan rumah—The Black Stars hanya ditempatkan dalam pot kedua.

Dalam arti, Ghana bisa bertemu dengan tiga tim raksasa lainnya—Mesir, Kamerun, dan Pantai Gading—di babak penyisihan grup. Yang lebih buruk, nasib Aljazair. Tim terakhir dari benua Afrika yang meloloskan diri ke Afsel ini hanya ditempatkan sebagai unggulan ketiga.

Masuknya Ghana dalam pot kedua dan Aljazair di pot ketiga didasarkan atas regulasi CAF yang memutuskan unggulan didasarkan atas prestasi kinerja tim dalam tiga pergelaran putaran final Piala Afrika. Alhasil, Ghana terlempar dari unggulan pertama mengingat prestasinya yang gagal lolos putaran final pada 2004, lolos kualifikasi pada 2006 dan menjadi juara ketiga pada pergelaran 2008 lalu. Adapun Les Fennecs, julukan Aljazair, setelah mampu tampil di putaran perempat final 2004, gagal meloloskan diri ke putaran final dalam dua ajang berikutnya.

Piala Afrika 2010 bakal digelar di empat kota besar di Angola, yaitu Luanda, Cabinda, Benguela, dan Lubango. Dengan memakai sistem setengah kompetisi di babak penyisihan grup, maka dari empat grup akan digelar 24 pertandingan. Dua tim terbaik masing-masing grup berhak tampil di putaran perempat final. Total jenderal, 32 pertandingan bakal digelar di Angola.

Berikut daftar unggulan yang ditetapkan CAF.
Unggulan (pot) pertama: Angola, Mesir, Kamerun, Pantai Gading.
Unggulan (pot) kedua: Tunisia, Nigeria, Ghana, Mali.
Unggulan (pot) ketiga: Zambia, Benin, Aljazair, Togo.
Unggulan (pot) keempat: Burkina Faso, Mozambik, Gabon, Malawi.
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini