Sukses

Dikejar Waktu Soal Pelatih Timnas, PSSI Kerja Cepat

Fachri Husaini baru saja menolak tawaran menangani timnas U-19 Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI belum menemukan sosok yang tersedia untuk menangani timnas Indonesia, termasuk senior dan U-19. Padahal, agenda event semakin mendekat. Menurut Sekjen PSSI, Azwan Karim, nama pelatih akan diumumkan dalam dua pekan ke depan.

Dengan dibebaskannya PSSI dari sanksi FIFA, Indonesia pun kembali berhak mengikuti berbagai agenda internasional. Dalam waktu dekat, ada beberapa event yang bakal diikuti timnas, khususnya AFF U-19 Championship pada 11-24 September 2016 dan AFF Suzuki Cup pada 19 November-17 Desember 2016.

Baca Juga

  • Didesak KLB, PSSI Verifikasi Mulai 30 Mei 2016
  • Berani Tampil Ogah-ogahan di Depan Mourinho, Ini Akibatnya
  • Banjir Tawaran dari Klub Eropa, Arthur Pilih Numpang di Persija

Sejatinya, PSSI sudah menunjuk Fachri Husaini untuk kembali menangani timnas U-19 Indonesia pada 24 Mei 2016. Sehari kemudian, ia justru membuat pernyataan mengejutkan. Secara tiba-tiba, Fachri malah memutuskan untuk menolak tawaran tersebut karena alasan pribadi.

"Ia memang sudah berkomunikasi dengan kami. Ia terpaksa tak menerima karena ada kesibukan. Jadi, ia tak akan bisa berkonsentrasi untuk membangun timnas. Saya serahkan semuanya kepada Komite Teknis dan Pengembangan PSSI," ujar Azwan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Fachri sendiri bukan sosok yang asing bagi timnas Indonesia. Ia sempat dipercaya menjadi pelatih U-16 dan U-19 Indonesia. Sayang, sebelum beraksi di turnamen, timnas U-16 dan U-19 justru dibubarkan menyusul sanksi FIFA pada 30 Mei 2015.

Pelatih Timnas Indonesia U16, Fachry Husaini (kiri) bersama asisten pelatih, Yeyen Tumena sedang memberikan instruksi saat ujicoba melawan Jepang U16

Kini, PSSI akan bekerja dengan cepat untuk menentukan pelatih timnas di level U-19 dan senior. Menurut Azwan, nama pelatih baru bisa diumumkan dalam dua pekan ke depan. Tentu saja, hal itu harus segera diwujudkan mengingat AFF U-19 Championship 2016 sudah semakin mendekat.

"Komite Teknis dan Pengembangan PSSI akan mulai bekerja selama dua pekan sejak besok. Baru setelah itu, kami bisa mengumumkan nama pelatih timnas U-19 dan senior," kata Azwan.

Azwan juga menjelaskan soal target prioritas PSSI terkait timnas. Menurutnya, AFF U-19 Championship 2016 bukan target ambisius PSSI. Mereka jauh lebih fokus pada perhelatan Asian Games 2018. Jadi, AFF U-19 Championship 2016 hanya akan dijadikan sebagai ajang memberikan jam terbang untuk para pemain muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini