Sukses

Pebulutangkis Manado Siap Harumkan Australia di Indonesia Open

Untuk pertama kalinya sejak berganti kewarganegaraan, Setyana bakal menghadapi mantan rekan-rekannya.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Open 2016 menjadi turnamen yang sangat emosional bagi pebulutangkis wanita Australia, Setyana Daniella Florencia Mappasa. Dia adalah atlet kelahiran Manado yang memilih melepas kewarganegaraan Indonesia.

Sudah hampir tiga tahun Setyana menghilang dari dunia bukutangkis Indonesia. Mantan rekan duet Rosyita Eka Putri Sari itu mulai bermain bulutangkis di Australia sejak setahun terakhir. "Saya diajak pelatih di sana (Australia) untuk bergabung," katanya di Kedutaan Besar Australia, Kamis (26/5/2016).

Baca Juga

  • Praveen/ Debby Ingin Buat Kejutan di Indonesia Terbuka 2016
  • Indonesia Open Bikin Tontowi / Liliyana Penasaran
  • 5 Pemain Ini Akan Direkrut Mourinho di MU

"Saya sudah pindah kewarganeragaan sejak dua tahun 10 bulan. Sebenarnya saya sangat suka di Indonesia, tapi ada satu-dua hal yang membuat saya harus ke Australia, salah satunya adalah keluarga banyak yang tinggal di sana," ucap Setyana menambahkan.

Awal bulan ini, untuk pertama kalinya sejak berganti kewarganegaraan, Setyana bakal menghadapi mantan rekan-rekannya. Indonesia Open menjadi kiprah pertamanya memperkuat Australia. "Bisa jadi saya bakal melawan rekan duet saya saat masih membela Indonesia," ujar Setyana.

Meski bakal menjadi lawan di turnamen nanti, Setyana tidak membocorkan kelemahan-kelemahan pemain Indonesia. Dia hanya mengingatkan para pemain Australia kalau Indonesia punya segudang pebulutangkis hebat.

Jelang bergulirnya Indonesia Open yang tinggal menghitung hari, hati Setyana sangat berdebar-debar. Dia juga menyebut salah satu pemain Indonesia yang patut diwaspadai, yakni Greysia Polii. Bahkan, Setyana menyebut Greysia Polii sulit dibendung bila tampil di kandang sendiri.

"Sebenarnya sih biasa saja, tapi emosional juga. Indonesia punya banyak pemain bagus. Greysia Polii pemain yang bagus. Saya belum pernah lawan dia dan tak tahu cara untuk melawannya. Tapi saya sering melihat pertandingannya, dia sangat bagus," ucapnya mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.