Sukses

Menpora Minta Sistem Penanganan Bentrok Suporter Diubah

Menpora Imam Nahrawi resmi membuka Invitasi Sepak Bola Forum Wartawan 2016 yang diikuti 8 forum wartawan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berharap bentrok antarsuporter tidak terulang lagi di sepak bola Indonesia. Imam meminta agar sistem penanganan juga diubah.

"Satu kelemahan di sistem yang ada saat ini, jika belum ada laporan dari panitia, aparat hukum tidak bisa bertindak. Itu yang ke depannya harus berubah," kata Imam dalam pembukaan Invitasi Sepak Bola antar Forum Wartawan 2016 di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

 

Baca Juga

  • Yamaha Ungkap Penyebab Meledaknya Motor Rossi di Mugello
  • Ismed Meragukan, Persija Boyong Bepe ke Banjarmasin
  • Mourinho Juga Incar Pemain Berdarah Indonesia

Imam berpendapat, aparat kepolisian tidak perlu lagi menunggu laporan dari Panpel pertandingan. Sebab, sudah terjadi bentrok antarsuporter atau tindak kekerasan dalam peristiwa tersebut.

"Jika sudah terjadi pemukulan harusnya bisa langsung tangkap tangan dan hal ini harus bisa diterapkan di masa depan," jelas politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Sebelumnya, bentrok antarsuporter mewarnai laga Gresik United melawan PS TNI di Stadion Tri Darma, Gresik, Minggu (22/5/2016). Akibat kejadian ini, puluhan suporter terluka. Peristiwa ini juga membuat pertandingan sempat terhenti. Saat ini kasusnya tengah dibahas di Komdis PT GTS.

Sementara itu, Imam secara simbolis melakukan tendangan bola pertama menandai dibukanya Liga Invitasi Forum Wartawan, 26 Mei-29 Mei 2016. Imam menyatakan, kejuaraan yang telah berlangsung empat kali ini diharapkan akan membuat awak media dapat terus bugar.

"Ini bukan hanya fairplay, keakraban, ini adalah cara kita yang baik untuk mempromosikan dan memasyarakatkan olahraga, khususnya sepakbola kepada masyarakat luas," ujarnya.

Delapan tim forum wartawan yang ikut ambil bagian dalam Liga Invitasi Forum Wartawan 2016. Delapan tim itu yakni, PSSI Pers, Forum wartawan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Forum wartawan Persija Jakarta plus KONI DKI, Forum wartawan Otomotif, Forum wartawan Hiburan, Pena Timur, Jurnalis Pasar Modal Catalyst, dan Forum wartawan Polda

"Semoga dengan olahraga semakin enjoy lagi dan semangat lebih termotivasi, serta menghadapi semuanya dengan senyum," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini