Sukses

Persipura Vs Perseru: Saudara Tua Pantang Menepuk Dada

Liputan6.com, Jayapura- Persipura Jayapura akan melakoni laga ketat dalam derby Papua di Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo pekan ke-5, Sabtu (28/5). Bermain di kandang sendiri, Stadion Mandala, Mutiara Hitam, julukan Persipura, kedatangan saudara mudanya, Perseru Serui.

Boaz Solossa cs memang bermain di depan pendukung sendiri. Sementara itu, Perseru harus menempuh perjalanan 300 km untuk sampai ke Jayapura. Tapi, itu tak lantas menjadikan tuan rumah bisa mengalahkan tamunya secara mudah.

Di kancah persepakbolaan profesional Indonesia, Persipura dan Perseru telah bermain sebanyak tiga kali. Sejauh ini hasilnya berimbang, saling mengalahkan dan sekali imbang.

Berkaca dari itu, Mutiara Hitam tak boleh jumawa lantaran Perseru juga bisa mengalahkan mereka. Kemenangan Perseru terjadi di ajang Inter Island Cup 2014. Kala itu, Perseru berhasil menang 3-2 atas Persipura.

Ketika berlaga di ajang ISL 2014, saat bermain di kandang Serui, skor imbang 0-0.  Persipura baru meraih kemenangan saat bertindak sebagai tuan rumah di ajang ISL 2014. Bermain di Stadion Mandala pada 4 Juni 2014, Persipura menang dengan skor 2-1.

Persipura sendiri sedang berada dalam kepercayaan diri bagus menyusul kemengan perdana yang diraih atas Persela Lamongan. Sedangkan, Perseru asuhan Agus Setyono juga belum terkalahkan hingga pekan ke-5 perhelatan ini.  Tim berjuluk Kuda Laut Oranye ini berada di peringkat 8 klasemen mengemas 6 poin dari 4 pertandingan  selama perhelatan ini. Hanya saja, Perseru mendapat 3 kali hasil seri dan sekali menang.

Memang, Persipura tiak mendominasi dalam derby Papua melawan Perseru. Tapi, kemenangan mereka di Mandala membuktikan bahwa di depan pendukung sendiri, Mutiara Hitam pantang kalah dari saudara muda.

Pelatih Mutiara Hitam, Jafri Sastra dipusingkan dengan masalah cedera pemain yang menghantam tim asuhannya. Sebanyak lima pemain Persipura masih dalam proses pemulihan. Mereka adalah, Boaz Solossa, Pierre Bio Pauline, Jaelani Arey Sibi, Ian Louis Kabes dan Nelson Alam. Menurut Jafri, kebugaran mereka terganggu ketika melakoni partai tandang ke Lamongan.

"Lima pemain itu masih dalam proses pemulihan setelah laga tandang beberapa hari lalu," katanya.

Kendati begitu, Jafri menegaskan, kadalaman skuat Persipura membuat dia yakin bisa mendapatkan hasil optimal. "Kami akan mengupayakan bisa memetik kemenangan, walaupun ada beberapa pemain yang belum fit, tapi saya memiliki pemain lain yang bisa diandalkan." (Penulis: Indra Eka Setiawan)


Rekor Pertemuan Persipura vs Perseru
04/06/14 Persipura 2-1 Perseru (ISL)
08/05/14 Perseru 0-0 Persipura (ISL)
10/01/14 Persipura 2-3 Perseru (IIC)

Artikel Selanjutnya
Hajar Semen Padang, Persipura Dekati Puncak Klasemen Liga 1
Artikel Selanjutnya
Prediksi Arema Vs PSM: Misi Juku Eja Taklukkan Kanjuruhan