Sukses

Rossi Juara IndyCar 500, Rio Haryanto Makin Terancam di Manor

Rossi bisa merebut posisi Rio seusai GP Hungaria 2016.

Liputan6.com, Indianapolis - Alexander Rossi memang disebut-sebut sebagai calon pengganti Rio Haryanto jika didepak Manor Racing. Terkini, Rossi memperlihatkan kehebatannya dengan menjadi juara IndyCar 500 di Indianapolis.

IndyCar 500 adalah perlombaan balap mobil yang diadakan setiap tahun di Indianapolis Motor Speedway, Indiana, daerah pinggiran Indianapolis. Biasanya, perlombaan akan digelar di setiap akhir pekan Mei.

Baca Juga

  • Juara Liga Champions, Ronaldo Serang Balik Haters
  • Kapten Chelsea: Mourinho Pasti Sukses Bersama MU
  • Bos Manor Puas Rio dan Wehrlein Finis di GP Monaco

Ajang balap mobil ini sudah digelar sejak 1911. Namun, event baru berubah menjadi IndyCar sejak 1996. Tepat pada 2011, event itu baru saja merayakan hari jadi ke-100. Dan, balapan pada 2016 adalah ajang untuk memperingati hari jadi mereka.

Rossi yang saat ini berstatus sebagai pembalap cadangan Manor tampil sebagai juara. Rossi yang memperkuat Andretti Herta Autosport mengalahkan rekan setimnya, Carlos Munoz, dalam perolehan poin di klasemen.

"Ini hasil yang luar biasa bagi Andretti Autosport. Saya tak ragu sukses ini akan mengubah hidup saya. Benar-benar sesuatu yang mengejutkan," ujar Rossi seperti dikutip The Guardian.

Tampilnya Rossi di IndyCar 500 adalah ajang untuk mengisi waktu luangnya. Maklum, ia hanya berstatus sebagai pembalap cadangan Manor. Karenanya, ia harus mengikuti berbagai ajang untuk terus mengasah kemampuan balapnya.

Kini, sukes menjadi juara IndyCar 500 bisa membuat Rossi berpeluang merebut status pembalap utama Manor dari tangan Rio. Kebetulan, ada kemungkinan Rio tak bisa menyelesaikan petualangannya di Formula 1 2016 hingga akhir musim.

Dalam beberapa pekan terakhir, masa depan Rio di Manor memang menjadi sorotan dunia. Maklum, Rio memiliki persoalan terkait tunggakannya kepada pihak Manor. Sebelumnya, syarat utama Rio untuk beraksi di F1 adalah membayar mahar 15 juta euro kepada Manor.

Biaya itu akan dialokasikan untuk pengembangan mobil. Sayang, pihak Rio baru menyelesaikan pembayaran 8 juta euro. Artinya, Rio masih memiliki utang 7 juta euro kepada Manor. Jika tak mampu melunasinya, Rio hanya akan menjadi pembalap Manor hingga GP Hungaria, 24 Juli 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.