Sukses

Persiba Vs Bali United: Duel Beda Karakter

Beruang Madu yang memiliki karakter keras bakal menghadapi Serdadu Tridatu dengan gaya penguasaan bola.

Liputan6.com, Balikpapan - Duel dua klub beda karakter mempertemukan Persiba Balikpapan melawan Bali United di Stadion Persiba, Senin (30/5/2016) malam WIB di laga lanjutan Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Beruang Madu yang memiliki karakter keras bakal menghadapi Serdadu Tridatu dengan gaya penguasaan bola.

Pada gelaran ini, Persiba merupakan klub yang memiliki reputasi paling keras dalam bermain di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredo. Setidaknya itu terlihat dari jumlah sebaran kartu dan juga para pemain yang cedera akibat melawan Persiba.

Baca Juga

  • Alarm Bahaya Tim Panser dari Partai Uji Coba
  • Usai Berpesta, Striker Timnas Meksiko Diculik Gembong Narkoba
  • Tabrakan di Monaco, Magnussen Kecam Aksi Nekat Kvyat

Hingga pekan keempat gelaran ini, sebanyak 13 kartu kuning dan satu kartu merah telah dialamatkan kepada pemain Persiba. Lalu, telah enam pemain menjadi korban permainan kasar Si Beruang Madu. 

Mereka adalah Cristian Gonzales, Syaiful Indra Cahya, Dendi Santoso, Aang Suparman, Muhammad Ridwan dan teranyar Robertino Pugliara. Keempat pemain yakni, Syaiful, M. Ridwan, Aang dan Robertino telah pulih, sedangkan dua sisanya masih harus absen.

Permainan keras yang diperagakan Beruang Madu juga tidak memberikan pengaruh besar bagi pencapaian mereka di dalam klasemen. Faktanya, tim besutan Jaino Matos ini belum meraih kemenangan hingga pekan ke-4 gelaran ini. Persiba terpaku di peringkat ke-16 klasemen sementara dengan koleksi dua poin hasil dari dua imbang dan dua kali kalah.

Meski begitu, Persiba masih bisa berharap mendapatkan poin saat melawan Bali United. Sebab, statistik mencatat, tim yang bermarkas di Stadion Parikesit ini belum pernah mengalami kekalahan saat bertanding di depan publik sendiri. Arsitek Persiba, Jaino Matos meminta pendukung bersabar atas hasil minor ini.

"Pada pertandingan sebelumnya melawan Persib, Sriwijaya, Arema dan PBFC kami bisa keluar sebagai pemenang. Jadi, saya minta kepada pendukung bersabar. Kami selalu berusaha menampilkan permainan terbaik di semua pertandingan," ucap sang arsitek.

Jaino sendiri tidak menampik, bila lini serang tim asuhannya masih lemah. Satu-satunya gol untuk Persiba diciptakan Matsunaga Shohei dari titik penalti. Itu terjadi ketika Persiba bermain imbang 1-1 melawan Persib Bandung. Guna mengatasi masalah itu, Jaino Matos meminta semua pemain maju membantu serangan. 

"Pemain dari belakang juga bisa datang untul melakukan penyelesaian akhir. Semua pemain bisa mencetak gol. Tidak lagi bergantung pada striker," ucap Jaino.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bali United Kuasai Bola

Bali United Kuasai Bola
Beralih ke kubu tim tamu, kepercayaan diri tinggi sedang menghinggapi Bali United. Skuat asuhan Indra Sjafri ini berhasil meraih kemenangan perdana di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredo usai menaklukkan Semen Padang dengan skor akhir 2-1 di Stadion I Wayan Dipta.

Semenjak ditangani oleh Indra Sjafri, gaya bermain Bali United menjadi identik dengan penguasaan bola. Ketika masih membesut Timnas U-19, Indra mengandalkan umpan-umpan pendek untuk menjaga penguasaan bola. Setidaknya itu telah terlihat dalam empat laga di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredo. Bali United selalu unggul jumlah penguasaan bola terhadap lawannya.

Saat melawan Semen Padang, Bali United juga menunjukkan gaya bermain serupa. Bahkan mereka memiliki keberhasilan mengirimkan umpan mencapai 81 persen dalam empat laga. Peran Lucas Patinho dan Fadil Sausu sangat vital menjadi jenderal lapangan tengah yang mengatur tempo pertandingan.

Pelatih Bali United, Indra Sjafri tetap berpikir positif soal permainan keras Persiba. Menurut pelatih sal Sumatera Barat itu, pemain Persiba tidak memiliki maksud buruk terhadap lawan.

"Saya pribadi berpikir positif mengenai penilaian banyak pihak yang menyoroti permainan Persiba. Saya yakin para pemain Persiba tidak ada maksud untuk sengaja mencederai lawan," imbuh Indra Sjafri dilansir dari situs resmi Bali United. (Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

Prakiraan susunan pemain

Persiba (4-2-3-1): Alfonsius Kelvan; Abdul Aziz Lutfi Akbar, Abdul Rahman, Absor Fauzi, Dirkir Kohn Glay, Iqbal Samad; Bima Sakti, Antonio Teles, Shohei Matsunaga; Heri Susanto, Vinicius Dos Santos Ries

Bali United (4-4-2): Dicky Indrayana; Ahn Byung Keon, Bobby Satria, Kiko Insa, Hasim Kipuw, Ricky Fajrin; Fadhil Sausu, Hendra Sandi Gunawan, Lucas Patinho; I Nyoman Sukarja, Yabes Roni Malaifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini