Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Rumania

Rumania ingin mengulang sukses seperti pada 2000 lalu ketika mereka mampu mencapai perempat final.

Liputan6.com, Paris - Rumania kembali mendapat kesempatan untuk tampil kembali di Piala Eropa 2016. Ini adalah penampilan Rumania keempat kalinya di ajang bergengsi ini, setelah hampir 8 tahun absen. Kali ini Rumania datang ke Prancis di bawah arahan pelatih Anghel Iordanescu.

Baca Juga

  • Barcelona Coba Ambil Untung dari Bergabungnya Mourinho di MU
  • Disisipi Teknologi Canggih, Barcelona Pamer Kostum Anyar
  • Surat Terbuka Bek Atletico Usai Gagal Eksekusi Penalti

Misi besar diemban Razvan Rat dan kawan-kawan. Rumania ingin mengulang sukses seperti pada 2000 lalu ketika mereka mampu mencapai perempat final. Rumania saat itu menilai pemain seperti Cristian Chivu, Adrian Mutu, Dan Petrescu adalah generasi emas.

Banyak pemain-pemain mereka juga memperkuat klub-klub top Eropa Cosmin Contra, Viorel Moldovan serta pemain legendaris mereka Gheorghe Hagi.

Sayangnya, komposisi tim, yang lebih didominasi pemain-pemain senior yang telah berusia sekitar 30 tahun, dianggap tidak ideal. Perempat finalis Piala Dunia 1994 itu bahkan hanya memiliki beberapa pemain yang berlaga di liga-liga papan atas, seperti bek Napoli Vlad Chiriches, penjaga gawang Fiorentina Ciprian Tatarusanu, dan sang kapten Razvan Rat.

Tahukah Anda
Rumania telah berpartipasi dalam empat dari enam Piala Eropa terakhir

Julukan: Tricolorii
Peringkat FIFA: 19
Prestasi Terbaik: Perempat final Piala Eropa 2000

Kualifikasi
Rumania lolos setelah menempati urutan kedua Grup F dibawah Irlandia Utara. Mereka maju ke babak utama setelah mengumpulkan 20 poin usai mencatat 5 kemenangan dan 5 hasil imbang. Bahkan tim berjuluk "Tricolorii" ini, mendapat predikat sebagai skuat dengan pertahanan terkuat pada babak kualifikasi, karena hanya kebobolan dua gol dalam 10 laga.

Jadwal
10 Juni 2016 - Prancis vs Rumania
15 Juni 2016 - Rumania vs Swiss
19 Juni 2016 - Rumania vs Albania

Partisipasi Piala Eropa
(1984, 1996, 2000, 2008 dan 2016).
Sejak lolos ke perempatfinal pada tahun 2000, namun setelah itu performa mereka tak pernah lagi membaik, bahkan mereka sudah dua kali absen di kejuaraan Piala Eropa pada tahun 2004 dan 2012. Pada 2008 Rumania lolos ke babak putaran final, tapi mereka langsung tersisih di babak penyisihan grup.

Pelatih: Anghel Iordanescu
Anghel Iordanescu

Karier Iordanescu lebih banyak dihabiskan bersama Steaua Bucharest. Dia berhasil membawa Steaua mendapatkan empat gelar liga Rumania yaitu pada musim 1986/1987, 1987/1988, 1988/1989 dan 1992/1993. Pencapaian terbaiknya di tingkat Eropa adalah mengantarkan Steaua lolos partai final liga Champions pada musim 1988/1989.

Pada tahun 1993 Iordanescu mencatat sejarah hebat dengan membawa Rumania ke babak putaran final Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Sejauh ini Iordanescu mampu mengemban tugasnya dengan baik, berhasil membawa Rumania menembus babak putaran final Piala Eropa 2016.

Pemain Bintang: Razvan Rat
Razvan Rat

Razvan Rat adalah kapten Rumania untuk Piala Eropa 2016 ini. Saat ini Rat bermain di klub Spanyol, Rayo Vallecano setelah sebelumnya sempat bermain untuk Shaktar Donetsk dan West Ham United. Banyaknya pengalaman bertanding bersama klub Eropa membuat Rat menjadi bek tangguh dan disegani.

Bersama rekan-rekannya di lini belakang, Rumania tampil sebagai tim terbaik dalam hal pertahanan. Dalam 10 pertandingan yang telah berlangsung, mereka hanya kebobolan dua kali. Kini, Rumania banyak berharap pada kepemimpinannya di lapangan di Piala Eropa 2016 nanti.

Skuat

Kiper: Ciprian Tatarusanu (Fiorentina), Costel Pantilimon (Watford), Silviu Lung Jr (Astra)

Bek: Cristian Sapunaru (Pandurii Tg. Jiu), Alexandru Matel (Dinamo Zagreb), Vlad Chiriches (Napoli), Valerica Gaman (Astra Giurgiu), Dragos Grigore (Al Sailiya), Cosmin Moti (Ludogorets), Razvan Rat (Rayo Vallecano), Steliano Filip (Dinamo)

Gelandang: Mihai Pintilii (Steaua Bucharest), Ovidiu Hoban (Hapoel Be'er Sheva), Andrei Prepelita (Ludogorets), Adrian Popa (Steaua Bucharest), Gabriel Torje (Osmanlispor), Alexandru Chipciu (Steaua Bucharest), Nicolae Stanciu (Steaua Bucharest), Lucian Sanmartean (Al Ittihad)

Striker: Claudiu Keseru (Ludogorets), Bogdan Stancu (Genclerbirligi), Florin Andone (Cordoba), Denis Alibec (Astra).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini