Sukses

Ujian Berat Adang Pemain Muslim Jerman Jelang Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Cobaan menghadang Mesut Oezil usai menunaikan umrah ke Tanah Suci, Mekah. Sepulang menjalani ritual suci umat Islam tersebut, Oezil dihujat oleh Alternative fuer Deutschland (AfD).

Menyambut berakhirnya jeda kompetisi 2016, Oezil memang memilih berkunjung ke Timur Tengah. Selain menemui sejumlah kenalan, pemain Arsenal itu juga menyempatkan diri ke Tanah Suci.

 

Baca Juga

  • Ozil Frustrasi dengan Arsenal
  • Mesut Ozil Umrah ke Tanah Suci Jelang Piala Eropa
  • Mesut Ozil, Pelayan Terbaik Lapangan Hijau

Keberangkatan Ozil ke Mekah terungkap setelah mantan pemain Bayern Munich itu mengunggah foto di Instagram. Dalam foto tersebut Ozil yang mengenakan ihram tampak berdiri di depan ka'bah.

Banyak pihak yang mendukung kegiatan keagamaan pemuda berusia 27 tahun tersebut. Apalagi dalam waktu dekat ini, umat Islam di seluruh dunia akan melewati bulan suci Ramadan. Akun Twitter resmi Arsenal Indonesia bahkan ikut juga menyebarkan foto Oezil ke para pengikutnya.

Bintang Arsenal dan Timnas Jerman Mesut Ozil bersama Pangeran Ali bin Al Hussein (Twitter)

Meski demikian, cobaan juga menghadang langkah Oezil sepulang dari Tanah Suci. Sebab partai AfD yang dikenal anti migran Jerman justru menghujat kegiatan yang dijalani Ozil. Salah seorang pengurus AfD, Anrea Kresten, bahkan menuding Ozil mengirimkan pesan yang tidak patriotik.

Seperti dilansir BBC, AfD merupakan salah satu partai di Jerman yang dikenal sebagai anti imigran. Popularitas mereka meningkat setelah Perdana Menteri (PM) Jerman, Angela Merkel, membuka pintu bagi para pengungsi yang terpaksa melarikan diri dari Timur Tengah akibat kemiskinan dan perang.

Akibatnya, lebih dari sejuta imigran telah tiba di Jerman, tahun lalu. Situasi ini menuai protes dari sebagian warga Jerman yang merasa terancam dengan kehadiran para pendatang baru tersebut.

AfD pihak yang paling gencar menyuarakan protes terhadap kebijakan ini. Dalam konfrensi partai yang digelar Mei lalu, secara eksplisit mereka juga telah melontarkan kebijakan Anti Islam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boateng Diserang

Belakanga, AfD juga gencar menyerang pemain-pemain timnas Jerman berdarah keturunan. Baru-baru ini, Jerome Boateng yang menjadi korban. Salah seorang petinggi AfD, Alexander Gauland kepada media di Jerman berkata bahwa tidak ada warga Jerman yang ingin jadi tetangga Boateng.

Komentar ini mengacu kepada asal-usul Boateng yang bukan sepenuhnya dari Jerman. Seperti diketahui meski membela tim Jerman, Boateng sebenarnya memiliki ayah yang berasal dari Ghana.

Pemain Bayern Munich, Jerome Boateng

Banyak pihak yang mengutuk pernyataan Gauland. Bahkan saat Jerman berujicoba melawan Slovakia belum lama ini, fans juga sempat membentangkan spanduk dukungan bagi Boateng.

Merkel juga mengecam pernyataan tersebut. Menurutnya, ucapan Gauland sama sekali keji. AfD akhirnya meminta maaf, dan Gauland juga meralat ucapannya. Menurutnya, komentar tersebut bukan pandangan pribadinya.

Pimpinan AfD, Frauke Petry, juga telah meminta maaf terhadap kesan yang timbul. Lewat Twitter, dia berkata,"Jerome Boateng adalah pesepak bola hebat yang merupakan bagian dari timnas Jerman. Tidak sabar ingin melihat Piala Eropa 2016."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Jerman merupakan salah satu negara terkuat di Eropa, bahkan dunia yang memiliki segudang gelar di berbagai ajang kompetisi
    Tim Nasional Jerman merupakan salah satu negara terkuat di Eropa, bahkan dunia yang memiliki segudang gelar di berbagai ajang kompetisi

    Timnas Jerman

  • Mesut Özil adalah seorang pemain bola yang tergabung di klub Arsenal
    Mesut Özil adalah seorang pemain bola yang tergabung di klub Arsenal

    Mesut Ozil

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Bayern Munich adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Bayern Munich adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman

    Bayern Munich

Video Terkini