Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Swiss

Swiss kini diisi generasi emas pemain muda seperti Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri.

Liputan6.com, Paris - Swiss berhasil melaju ke Piala Eropa keempat mereka. Di atas kertas, Stephan Lichtsteiner dan kawan-kawan punya potensi untuk lolos ke babak delapan besar. Masuk ke Grup A, Swiss akan bersaing dengan Prancis, Albania dan Rumania. Grup ini tidak terlalu berat.

Selain itu, Swiss kini diisi generasi emas pemain muda seperti Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri yang masih memiliki banyak waktu untuk mengikuti turnamen besar lainnya selama beberapa tahun ke depan.

Kelemahan utama Swiss adalah mereka kurang ganas saat tampil di turnamen besar. Akan tetapi, dengan bimbingan pelatih berpengalaman Vladimir Petkovic, Swiss mungkin dapat menemukan cara untuk berbicara banyak di Prancis.

Tahukah Anda

Hakin Yakin mencetak semua gol (tiga) Swiss di Piala Eropa 2008.

Julukan: Rossocrociati

Peringkat FIFA: 14

Prestasi Terbaik: Penyisihan Grup 1996, 2004 dan 2008

Kualifikasi

Swiss tak memiliki rintangan berarti selama babak kualifikasi. Mereka memang tak mampu menghentikan rekor sempurna Inggris di Grup E, namun tim berjuluk Rossocrociati finis lima poin di atas Slovenia dan mencetak 24 gol dalam 10 pertandingan. Kekalahan di laga-laga awal melawan dari Inggris dan Slovenia sempat membuat khawatir.

Namun, pasukan Vladimir Petkovic itu mampu bangkit dan sukses memenangi tujuh dari delapan pertandingan terakhir. Xherdan Shaqiri menjadi top skorer Swiss dengan koleksi empat gol disusul Seferovic dan Josip Drmic yang sama-sama menyumbangkan tiga gol.

Pelatih: Vladimir Petkovic

Vladimir Petkovic

Petkovic lahir di Yugoslavia. Namun ia pindah ke Swiss pada 1987 dan menjadi bagian penting sepak bola di negara itu hingga sekarang. Petkovic telah melalui segalanya. Mulai dari jadi pemain hingga pelatih dalam dua dekade terakhir.

Baca Juga

  • Barcelona Coba Ambil Untung dari Bergabungnya Mourinho di MU
  • Disisipi Teknologi Canggih, Barcelona Pamer Kostum Anyar
  • Surat Terbuka Bek Atletico Usai Gagal Eksekusi Penalti

Petkovic akhirnya melatih Swiss pada 2014, setelah sukses bersama Lazio di Serie A selama 18 bulan. Sebelum Lazio, Petkovic juga sempat melatih Young Boys, Samsunspor dan Sion.

Petkovic sukses mengantar Swiss lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis. Meski sempat melakoni start yang buruk, namun ia akhirnya mampu mengeluarkan kemampuan terbaik pasukannya.

Partisipasi Piala Eropa
(1996, 2004 dan 2008)
Swiss tidak pernah meraih prestasi gemilang selama mengikuti Piala Eropa. Selama tiga kali ikut serta, Swiss selalu rontok di babak penyisihan grup. Pada 2008 saat menjadi tuan rumah, Swiss sebenarnya punya peluang besar untuk lolos ke babak perempat final.

Namun, mereka justru finis di dasar klasemen dengan meraih tiga poin dari tiga laga. Adapun pada 1996 dan 2004, Swiss tak pernah meraih kemenangan di Piala Eropa.

Jadwal
11 Juni, Albania vs Swiss, Lens
15 Juni, Rumania vs Swiss, Paris
19 Juni, Swiss vs Prancis, Lille

Bintang: Granit Xhaka

Granit Xhaka

Pemain 24 tahun ini baru saja dibeli raksasa Inggris Arsenal dari Borussia Monchengladbach. Tak tanggung-tanggung The Gunners berani mengeluarkan uang 30 juta euro untuk mendatangkan gelandang serbabisa tersebut.

Posisi Xhaka adalah gelandang tengah. Ia punya energi besar di lapangan, sekaligus tekel keras. Xhaka juga berani berduel untuk memperebutkan bola. Maka tak heran, Arsenal berani membayar mahal untuk mendapatkan tanda tangannya.

Skuat
Kiper: Roman Buerki (Borussia Dortmund), Marwin Hitz (Augsburg), Yann Sommer (Borussia Moenchengladbach).

Belakang: Johan Djourou (Hamburg SV), Nico Elvedi (Borussia Moenchengladbach), Michael Lang (FC Basel), Stephan Lichtsteiner (Juventus), Francois Moubandje (Toulouse), Ricardo Rodriguez (VfL Wolfsburg), Fabian Schaer (Hoffenheim), Steve Von Bergen (Young Boys)

Tengah: Valon Behrami (Watford), Blerim Dzemaili (Genoa), Gelson Fernandes (Rennes), Fabian Frei (Mainz 05), Xherdan Shaqiri (Stoke City), Granit Xhaka (Borussia Moenchengladbach), Denis Zakaria (Young Boys)

Depan: Eren Derdiyok (Kasimpasa), Breel Embolo (FC Basel), Admir Mehmedi (Bayer Leverkusen), Haris Seferovic (Eintracht Frankfurt), Shani Tarashaj (Grasshoppers)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.