Sukses

5 Fakta Unik tentang Jose Mourinho

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho telah resmi dinobatkan sebagai pelatih baru Manchester United (MU). Pria asal Portugal itu dikontrak untuk masa tiga tahun, dengan opsi perpanjangan hingga tahun 2020.

Media-media tak lelahnya menurunkan berita-berita tentang sepak terjangnya selama ini. Mulai saat melatih Benfica, membawa Inter Milan juara Liga Champions hingga akhirnya dipecat Chelsea.

Baca Juga

  • Andalkan Pemain, Mourinho Desak MU Beli Wonderkid Atletico
  • Barcelona Coba Ambil Untung dari Bergabungnya Mourinho di MU
  • Mourinho Kunjungi Tempat Latihan MU

Banyak orang menilai Mourinho sosok yang kontroversial. Pernyataan-pernyataannya tak jarang menimbulkan polemik, termasuk dengan rekan-rekan sejawatnya.

Namun, bagaimanapun sosok Mourinho tetap laku dijual. Curiculum vitae yang meyakinkan, lantaran kerap sukses membawa tim asuhannya juara, membuat orang tak bosan melahap berita-berita tentang pria berambut perak ini.

Nah, berikut ini tambahan lima fakta unik tentang Mourinho yang mungkin jarang diungkap media:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pernah Jadi Guru Olahraga

Pernah Jadi Guru Olahraga
Tidak banyak yang tahu, sebelum menekuni dunia kepelatihan, Jose Mourinho sempat berprofesi sebagai guru olahraga. Profesi ini dijalani saat masih menetap di kampung halamannya, Lisabon, Portugal.

Tepatnya, pada tahun 1987, usai lulus dari perguruan tinggi. Ketika itu, Mourinho mendapat pekerjaan sebagai guru olahraga di sebuah sekolah dasar.

Namun, tidak hanya mengajar bidang olahraga secara umum. Mourinho ketika itu juga membantu anak-anak difabel untuk bermain sepak bola.

Namun, profesi ini tak lama dijalaninya. Pada tahun 2000, dia sudah mulai mendalami profesi melatih saat menangani Benfica, sebuah tim elite di Lisabon.

3 dari 6 halaman

Menyebut Dirinya Unik

Menyebut Dirinya Unik
Mourinho sudah lama dikenal dengan julukan The Special One. Julukan ini sebenarnya berasal dari pernyataan Mourinho sendiri yang menyebut dirinya spesial.

Namun, tidak hanya spesial. Pelatih yang sempat menangani Inter Milan dan Real Madrid ini juga menyebut dirinya unik dan berbeda dengan pelatih-pelatih kebanyakan.

Dalam sebuah jumpa pers sebelum laga, saat masih menangani Chelsea di pertengahan tahun 2000-an, Mourinho menyebut dirinya unik karena sering mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal. Termasuk juga berpose dengan mimik-mimik konyol di hadapan fotografer.

4 dari 6 halaman

Nama Sama di Keluarga

Nama Sama di Keluarga
Mourinho memiliki nama sama dengan sang ayah, Jose Manuel Mourinho Felix. Seperti juga diriya, sang ayah pernah juga berprofesi sebagai pesepak bola, tepatnya penjaga gawang.

Uniknya, Mourinho menamai putranya dengan nama sama dengan dirinya: Jose Mario Mourinho Jr. Menariknya juga, sang putra sekarang mulai merintis karier sebagai pesepak bola bersama Fulham.

Mourinho memiliki istri bernama Matilde. Dan putrinya, kakak dari Jose Mourinho Jr, diberi nama Matilde Mourinho!

Maka itu, banyak orang yang bingung saat menyapa Mourinho dan istrinya. Terutama ketika keluarga ini pergi bersama.

5 dari 6 halaman

Kuasai Lima Bahasa

Kuasai Lima Bahasa

Sejak berkecimpung di dunia kepelatihan, Mourinho memang telah memiliki modal dasar yang kuat. Dia menguasai lima bahasa asing: Inggris, Spanyol, Katalan, Prancis, dan Italia.

Ini tentu membuatnya tak banyak menemui kesulitan saat harus melatih di luar negeri. Dia juga kesulitan saat harus berkomunikasi dengan media-media luar negeri.

Namun, soal bahasa ini, Mourinho lebih suka merendah. Dia bahkan mengaku kesal jika ada yang menyebutnya seperti penerjemah karena kemampuannya menguasai berbagai bahasa.

Kata Mourinho, sebutan itu akan menyinggung penerjemah profesional. Sebab, dirinya merasa tidak terlalu fasih bicara dengan bahasa-bahasa asing di atas.

6 dari 6 halaman

Dijuluki Rock Star

Dijuluki Rock Star
Saat melatih Real Madrid, Mourinho sempat mendapat julukan baru, Rock Star. Julukan itu diberikan majalah musik terkenal Rolling Stones versi Spanyol.

Majalah yang bermarkas di Amerika Serikat itu menobatkan Mourinho sebagai "Rock Star of The Year" pada tahun 2011. Ketika itu, Mourinho  baru sukses membawa Madrid memenangkan gelar dobel: La Liga Spanyol dan Piala Raja.

Tak pelak, ketika itu nama Mourinho pun sempat identik dengan musik rock. Bahkan, sempat ramai beredar gambar kartun Mourinho bergaya rock star mengambil gambar dari cover Majalah Rolling Stones.
Rock on Mourinho!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

Video Terkini