Sukses

Jika Latih Timnas Indonesia, Ini Target RD di Piala AFF 2016

RD saat ini berstatus sebagai pelatih klub Malaysia, T-Team.

Liputan6.com, Jakarta - Rahmad Darmawan, pelatih T-Team, memenuhi panggilan PSSI untuk datang sebagai kandidat pelatih timnas senior Indonesia. Jika benar-benar terpilih, pria yang akrab disapa RD itu siap memenuhi tugas tersebut.

Bursa kandidat pelatih timnas senior Indonesia terus memanas. Nantinya, sosok yang terpilih akan mempersiapkan skuat Garuda untuk menatap AFF Suzuki Cup 2016 pada 19 November-17 Desember 2016 di Myanmar dan Flipina.

Baca Juga

  • Tendangan Geledek Bima Sakti dan Tangisan yang Mengiringinya
  • Menanti Amukan Marquez di MotoGP Catalunya
  • Pogba Takkan Pindah ke Barcelona

Indonesia memang kembali diizinkan untuk mengikuti agenda internasional setelah FIFA membebaskan PSSI dari sanksi pembekuan. Berdasarkan hasil Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, sudah diputuskan bahwa Indonesia akan mengikuti AFF U-19 Championship 2016 dan AFF Suzuki Cup 2016.

Langkah awal yang diambil PSSI untuk membangun timnas adalah terlebih dulu memilih pelatih kepala. Tercatat, sudah ada empat kandidat yang tengah dipertimbangkan PSSI. Mereka adalah Nil Maizar (Semen Padang), RD (T-Team), Indra Sjafri (Bali United), dan Rudy William Keltjes (tim PON Sumatera Selatan).

Rabu (6/1/2016), PSSI pun memanggil semua kandidat untuk melakukan fit and proper tes yang dipimpin Tim Expert Panel. Tim Expert Panel sendiri dihuni Benny Dollo, Danurwindo, Sutan Harhara, dan Rudy yang sudah menolak terlebih dahulu. Mengenai hal itu, RD mengaku siap memenuhi tugas jika memang terpilih.

"Ini adalah panggilan negara, jadi saya siap untuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Namun, posisinya saat ini kan saya masih dikontrak klub. Jadi, saya menyerahkan kepada PSSI untuk berkoordinasi langsung dengan klub. Kebetulan saat AFF, kompetisi di Malaysia sedang libur," kata RD saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (1/6/2016).

"Tentu saja ini sebuah kebanggaan. Apalagi, jika saya terpilih, itu akan menjadi momen perdana saya melatih timnas senior. Sebelumnya kan saya hanya jadi pelatih timnas U-23 dan caretaker timnas senior," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RD Targetkan Semifinal Piala AFF 2016

Sejak akhir 2015, RD memang sudah berstatus sebagai pelatih T-Team. Rencananya, Liga Super Malaysia 2016 yang bergulir sejak 13 Februari 2016 akan berakhir pada 22 Oktober 2016. Jadi, saat itu RD tak akan memiliki agenda penting bersama T-Team.

RD pun berandai-andai jika namanya benar-benar terpilih sebagai pelatih kepala timnas senior. Ia hanya akan menerapkan TC jangka pendek. Bergulirnya Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo jadi alasan pelatih kelahiran 28 November 1966 itu.

"Melihat situasi saat ini, saya pikir siapa pun yang terpilih tak akan mungkin menggelar TC jangka panjang. Apalagi, kompetisi sedang berjalan. Meliburkan kompetisi bukan solusi yang tepat," ungkap RD.

Sebelumnya, PSSI sudah menyatakan hanya akan menjadikan AFF U-19 Championship 2016 dan AFF Suzuki Cup 2016 sebagai ajang try out untuk para pemain muda. Pasalnya, PSSI lebih fokus membangun timnas untuk menjuarai Asian Games 2018.

RD pun mengaku juga tak mau muluk-muluk soal target timnas senior Indonesia di AFF Suzuki Cup 2016. "Jika terpilih, target yang saya canangkan terlebih dahulu adalah lolos semifinal," tutur RD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini