Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Slovakia

Slovakia hanya mengandalkan dua nama besar saja, Marek Hamsik dan Martin Skrtel.

Liputan6.com, Paris - Aksi Slovakia di Piala Eropa 2016 tentu paling dinanti. Meski bukan tim unggulan, mereka diyakini bisa membuat kejutan di Prancis. Pasalnya, ini merupakan penampilan pertama Slovakia di ajang Piala Eropa.

Tidak seperti Inggris, Prancis, atau Spanyol yang dipenuhi pemain bintang, Slovakia hanya mengandalkan dua nama besar saja, Marek Hamsik dan Martin Skrtel. Dua pemain itu sudah banyak pengalaman di kompetisi Eropa.

Tahukah Anda

Slovakia membuat kejutan di Piala Dunia 2010 dengan mengalahkan juara dunia Italia di penyisihan grup


Julukan: Repre
Posisi FIFA: 32

Kualifikasi
Minim pemain bintang, Slovakia bisa lolos ke Prancis setelah menempati posisi kedua di babak kualifikasi Piala Eropa Grup C. Mereka mengumpulkan 22 poin dari 10 pertandingan. Repre --julukan Slovakia-- meraih tujuh kemenangan, satu hasil imbang dan dua kali menelan kekalahan.

Pelatih: Jan Kozak
Pelatih tim nasional Slowakia, Jan Kozak. (AFP/Sergei Supinsky).

Sejak menakhodai Slovakia pada Juli 2013, Jan Kozak sudah mengubah permainan Repre menjadi sangat mengesankan. Persentase kemenangan Slovakia di bawah kepemimpinannya cukup besar, yakni 60 persen.

Baca Juga

  • Mourinho Datang, 2 Pemain MU Ini Siap Hengkang
  • Dua Dekade, Siapa Starter Terbaik Real Madrid di Liga Champions?
  • Mourinho Datang, Bintang Valencia Menyusul ke MU

Rinciannya, dari 30 pertandingan, Slovakia meraih 18 kemenangan, tujuh hasil imbang dan lima kekalahan sejak dinakhodai Kozak. Pria berusia 62 tahun itu merupakan mantan pemain Timnas Republik Ceko.

Saat masih aktif bersama negaranya sebagai pemain pada 1976 hingga 1984, dia membuat 55 penampilan dan mencetak sembilan gol.

Partisipasi Piala Eropa (2016)
Slovakia merupakan tim debutan di Piala Eropa. Pada ajang kali ini, Slovakia tergabung dalam Grup B bersama Inggris, Rusia dan Wales.

Jadwal
11 Juni 2016 Wales vs Slovakia
15 Juni 2016 Rusia vs Slovakia
20 Juni 2016 Slovakia vs Inggris

Bintang: Marek Hamsik
Bintang tim nasional Slowakia, Marek Hamsik. (AFP/John Thys).

Playmaker Napoli, Marek Hamsik merupakan jantung permainan Slovakia di Piala Eropa 2016. Bersama Repre, Hamsik telah membuat 85 penampilan dengan mencetak 17 gol.

Pada musim ini, Hamsik merupakan pemain paling kreatif Napoli. Pemain berusia 28 tahun itu menciptakan 93 peluang, 11 di antaranya berhasil dimanfaatkan pemain Napoli untuk mencetak gol. Tidak hanya itu saja, dari 38 pertandingan di Serie A, Hamsik mencetak enam gol.

Skuat
Kiper: Matúš Kozáčik (Viktoria Plzeň), Ján Mucha (Slovan Bratislava), Ján Novota (Rapid Wien).

Bek: Peter Pekarík (Hertha Berlin), Milan Škriniar (Sampdoria), Martin Škrtel (Liverpool), Norbert Gyömbér (Roma), Ján Ďurica (Lokomotiv Moskva), Kornel Saláta (Slovan Bratislava), Tomáš Hubočan (Dinamo Moskva), Dušan Švento (Köln).

Gelandang: Marek Hamšík (Napoli), Juraj Kucka (AC Milan), Miroslav Stoch (Bursaspor), Vladimír Weiss (Al-Gharafa), Róbert Mak (PAOK), Patrik Hrošovský (Viktoria Plzeň), Ján Greguš (Jablonec), Viktor Pečovský (Žilina), Stanislav Šesták (Ferencváros), Ondrej Duda (Legia Warszawa).

Penyerang: Michal Ďuriš (Viktoria Plzeň), Adam Nemec (Willem II).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.