Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Jerman

Der Panzer sudah juara Piala Eropa sebanyak tiga kali.

Liputan6.com, Paris - Jerman pergi ke Piala Eropa 2016 dengan status sebagai juara dunia. Alhasil, status itu membuat mereka semakin diunggulkan untuk menjadi juara di Piala Eropa edisi kali ini. Total, Jerman sendiri sudah juara Piala Eropa sebanyak tiga kali.

Baca Juga

  • 5 Wonderkid Andalan Mourinho di MU
  • 2 Alasan Mengapa CR7 Dijagokan Raih Ballon d’Or Tahun Depan
  • Giggs Selangkah Lagi Tinggalkan MU

Sebagai tim papan atas di dunia, Jerman pun selalu tampil memukau di setiap turnamen yang diikuti. Menghadapi Piala Eropa, Jerman tak banyak mengalami perubahan komposisi pemain.

Pelatih Jerman, Joachim Loew masih akan mengandalkan mayoritas pemain yang ikut pada Piala Dunia 2014 lalu, kecuali mereka yang memang sudah pensiun seperti Phillip Lahm, Per Mertesacker, dan Miroslav Klose.

Tahukah Anda

Usai menjuarai Piala Eropa 1996, Jerman tak pernah lagi memenangi pertandingan di Piala Eropa sampai melawan Polandia pada 2008.

Julukan: Die National Mannschaft
Peringkat FIFA: 5
Prestasi terbaik: Juara (1972, 1980, 1996)

Kualifikasi
Jerman sempat kesulitan di fase awal kualifikasi usai kalah 0-2 dari Polandia. Akan tetapi, Bastian Schweinsteiger dan kawan-kawan berhasil bangkit dan lolos dari Grup D Kualifikasi Piala Eropa sebagai pemuncak klasemen dengan 22 poin.

Pelatih: Joachim Loew
Joachim Loew (FRANCISCO LEONG / AFP)

Menggantikan Jurgen Klinsmann, Loew sukses mengantarkan Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014. Loew mengawali karier kepelatihannya sejak 1994 di tim muda FC Winterhur.

Pada 2004, Loew kemudian diajak oleh Klinsmann ke tim nasional Jerman dengan jabatan sebagai asisten pelatih.

Pemain bintang: Thomas Mueller
Bintang tim nasional Jerman, Thomas Muller. (AFP/Franck Fife).

Mueller menjadi mesin gol tim nasional Jerman pasca-pensiunnya Miroslav Klose. Kemampuannya menjadi striker murni telah teruji di Bayern Muenchen.

Meski memiliki Robert Lewandowski, pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola tidak ragu untuk memasang Mueller sebagai target man. Buktinya, Mueller telah mengemas 20 gol di Bundesliga Jerman musim lalu.

Partisipasi Piala Eropa
(1964, 1968, 1972, 1976, 1980, 1984, 1988, 1992, 1996, 2000, 2004, 2008, 2012)
Jerman sudah 13 kali ikut Piala Eropa sejak 1964. Dari jumlah tersebut, Jerman sudah juara tiga kali. Pertama kali Jerman juara adalah di edisi 1972 dengan mengalahkan Uni Soviet dengan skor 3-0.

Terakhir kali Jerman juara adalah di Piala Eropa 1996 dengan menaklukan Republik Ceko 2-1). Die National Mannschaft pernah mencapai final pada Piala Eropa 2008, namun dikalahkan Spanyol dengan skor 1-0.
 
Skuat
Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munich), Bernd Leno (Bayer Leverkusen), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona)

Belakang: Jerome Boateng (Bayern Munich), Emre Can (Liverpool), Jonas Hector (Cologne), Benedikt Hoewedes (Schalke 04), Mats Hummels (Borussia Dortmund), Shkodran Mustafi (Valencia), Antonio Ruediger (Roma)

Tengah: Julian Draxler (VfL Wolfsburg), Sami Khedira (Juventus), Joshua Kimmich (Bayern Munich), Toni Kroos (Real Madrid), Thomas Mueller (Bayern Munich), Mesut Ozil (Arsenal), Lukas Podolski (Galatasaray), Andre Schuerrle (VfL Wolfsburg), Bastian Schweinsteiger (Manchester United), Julian Weigl (Borussia Dortmund)

Depan: Mario Gomez (Besiktas), Mario Goetze (Bayern Munich), Leroy Sane (Schalke 04)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini