Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Polandia

Tergabung di Grup C, Polandia akan bersaing dengan Jerman, Ukraina, dan Irlandia Utara, dan mereka berpotensi lolos.

Liputan6.com, Paris - Timnas Polandia jelas bukan salah satu tim unggulan ketika berkiprah di Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis. Akan tetapi, anak-anak asuhan Adam Nawalka ini tidak bisa diremehkan begitu saja oleh kontestan lainnya. Penampilan Polandia selama kualifikasi Piala Eropa 2016 terbilang cukup bagus, dengan catatan 21 poin, meraih 6 kemenangan, 3 imbang dan hanya sekali kalah.

Baca Juga

  • 5 Wonderkid Andalan Mourinho di MU
  • 2 Alasan Mengapa CR7 Dijagokan Raih Ballon d’Or Tahun Depan
  • Giggs Selangkah Lagi Tinggalkan MU

Kini, tergabung di Grup C, Polandia akan bersaing dengan Jerman, Ukraina, dan Irlandia Utara, dan mereka berpotensi lolos. Sayangnya, Polandia punya catatan buruk selama keikutsertaan mereka di kejuaraan sepak bola antarnegara di benua Eropa ini. Pada 2008, menjadi pertama kalinya Polandia mengikuti Piala Eropa.

Tapi, saat itu mereka tidak mampu lolos dari babak penyisihan grup. Nasib yang sama dialami Polandia ketika menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012 bersama Ukraina. Polandia juga tak sanggup lolos dari penyisihan grup.   

Tahukah Anda

Polandia tak pernah menang lawan Inggris dalam 14 pertandingan kualifikasi Piala Eropa. Polandia hanya bisa meraih hasil tujuh kali imbang dan sisanya kalah.

Julukan: The White Eagles
Peringkat FIFA: 27

Kualifikasi
Polandia mampu menduduki posisi kedua di bawah Jerman pada kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup D. Tim berjuluk The White Eagles ini mengoleksi 21 poin selama kualifikasi dengan rincian, 6 kemenangan, 3 imbang dan hanya sekali kalah.

Pelatih: Adam Nawalka
Pelatih tim nasional Polandia, Adam Nawalka. (AFP/Danie Roland)

Kariernya kepelatihan Adam Nawalka dihabiskan di tanah kelahirannya sendiri, Polandia. Pelatih berusia 58 tahun ini ditunjuk sebagai pelatih Timnas Polandia sejak Oktober 2013.

Nawalka kala itu menggantikan Waldemar Fornalik, yang dianggap gagal mengangkat performa Robert Lewandowski dan kawan-kawan. Nawalka diketahui sebagai pelatih yang berani menurunkan pemain-pemain muda.
 
Partisipasi Piala Eropa
(2008, 2012, 2016)

Jadwal
12 Juni, Polandia vs Irlandia Utara di Nice
17 Juni, Jerman vs Polandia di Paris
21 Juni, Ukraina vs Polandia di Marseille.

Bintang: Robert Lewandowski
Bintang tim nasional Polandia, Robert Lewandowski. (AFP/Janek Skarzynski).

Selama membela Timnas Polandia, Robert Lewandowski sudah tampil sebanyak 73 kali dan mencetak 34 gol. Dengan catatan itu, Lewandowski patut diwaspadai bek-bek lawan, karena bisa menjadi mesin gol Polandia selama Piala Eropa.

Penyerang Bayern Muenchen ini juga menjabat sebagai kapten Timnas Polandia, sehingga jelas posisinya sangat penting bagi Polandia. Lewandowski tentu akan mendapat pengawalan ketat dari pemain-pemain lawan di Piala Eropa 2016 agar ketajamannya tak bisa membantu Polandia.

Skuat
Kiper: Łukasz Fabiański (Swansea), Wojciech Szczęsny (Roma), Artur Boruc (Bournemouth).

Bek: Thiago Cionek (Palermo), Kamil Glik (Torino), Artur Jędrzejczyk (Legia), Michał Pazdan (Legia), Łukasz Piszczek (Dortmund), Bartosz Salamon (Cagliari), Jakub Wawrzyniak (Lechia Gdańsk).

Gelandang: Jakub Błaszczykowski (Fiorentina), Kamil Grosicki (Rennes), Tomasz Jodłowiec (Legia), Bartosz Kapustka (Cracovia), Grzegorz Krychowiak (Sevilla), Karol Linetty (Lech Poznań), Krzysztof Mączyński (Wisła), Sławomir Peszko (Lechia Gdańsk), Filip Starzyński (Zagłębie Lubin), Piotr Zieliński (Empoli).

Penyerang: Arkadiusz Milik (Ajax), Robert Lewandowski (Bayern), Mariusz Stępiński (Ruch Chorzów)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini