Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Irlandia Utara

Skuat asuhan Michael O'Neill ini tergabung di Grup C pada babak penyisihan bersama Jerman, Polandia, dan Ukraina.

Liputan6.com, Paris - Irlandia Utara mencetak sejarah baru. Untuk kali pertama Irlandia lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis 10 Juni sampai 10 Juli. Secara mengejutkan, Irlandia Utara keluar sebagai juara Grup F pada babak kualifikasi dengan poin 21 dari 10 pertandingan.

Meski demikian, Irlandia Utara datang ke Prancis nanti bukan sebagai unggulan. Skuat asuhan Michael O'Neill ini tergabung di Grup C pada babak penyisihan bersama Jerman, Polandia, dan Ukraina. Meski demikian, sebagai tim kuda hitam, tidak tertutup kemungkinan Irlandia Utara kembali membuat kejutan.

Tahukah Anda

Legenda Irlandia Utara David Healy melesakkan 13 gol di babak kualifikasi Piala Eropa 2008 dan ini adalah rekor terbanyak sepanjang sejarah. Prestasi ini disamai Robert Lewandowski (Polandia) di kualifikasi Piala Eropa 2016

Julukan: Green and White Army, Norn Iron
Peringkat FIFA: 26

Kualifikasi
Irlandia Utara mengejutkan sejumlah pengamat sepak bola pada babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Mereka tampil sebagai juara Grup F dengan poin 21, hasil dari enam kali menang, tiga imbang, dan sekali kalah. Kyle Lafferty menjadi pencetak gol terbanyak dengan 7 gol.

Pelatih: Michael O'Neill
Pelatih tim nasional Irlandia Utara. Michael O'Neill. (AFP/Miguel Riopa).

Semasa jadi pemain, Michael O'Neill merupakan gelandang andalan Timnas Irlandia Utara dari 1984 hingga 1999. Ia tercatat 31 kali tampil dan mencetak empat gol untuk negaranya. Setelah pensiun pada 2004 silam, O'Neill memutuskan menuruskan kariernya sebagai pelatih.

Baca Juga

  • 5 Wonderkid Andalan Mourinho di MU
  • 2 Alasan Mengapa CR7 Dijagokan Raih Ballon d’Or Tahun Depan
  • Giggs Selangkah Lagi Tinggalkan MU

Brechin City adalah klub pertama yang dilatih mantan pemain Newcastle United ini pada 2006. Setelah dua musim, dia lantas melatih tim besar Irlandia, Shamrock Rovers.

Berkat tangan dinginnya, Shamrock meraih gelar Liga Irlandia dua musim berturut-turut, yakni 2009-10 dan 2010-11. Prestasi ini yang membawa O'Neill menduduki kursi pelatih Timnas Irlandia Utara sejak 2011.

 

Partisipasi Piala Eropa (2016)
Irlandia Utara sejak 1964 hingga 2012 sudah mengikuti babak kualifikasi Piala Eropa. Namun, tidak pernah lolos ke putaran final. Baru pada kualifikasi Piala Eropa 2016 Prancis, Irlandia meraih tiket ke putaran final. Secara mengejutkan, mereka lolos sebagai juara Grup F pada babak penyisihan.

Jadwal
13 Juni, Jerman vs Ukraina, Villeneuve d'Ascq
16 Juni, Ukraina vs Irlandia Utara, Decines-Charpieu
21 Juni, Ukraina vs Polandia, Marseille

Bintang: Steven Davis
Bintang tim nasional Irlandia Utara, Steven Davis (kiri). (AFP/Louisa Gouliamaki).

Steven Davis merupakan sosok senior di Timnas Irlandia Utara. Kehadiran gelandang Southampton ini sangat berpengaruh kepada lini tengah Irlandia Utara. Selama babak kualifikasi Piala Eropa 2016 Prancis, Davis tampil semblan kali dan mencetak dua gol.

Pengalamannya bermain bersama Aston Villa, Fulham, Rangers, serta Southampton sangat berpengaruh kepada permainan tim. Wajar, jika pelatih Michael O'Neill mempercayakan bak kapten Irlandia Utara kepada Davis.

Skuat
Kiper: Roy Carroll (Notts County), Michael McGovern (Hamilton), Alan McManus (St Johnstone)

Bek: Craig Cathcart (Watford), Jonny Evans (West Brom), Gareth McAuley (West Brom), Luke McCullough (Doncaster), Conor McLaughlin (Fleetwood), Aaron Hughes (Melbourne City), Lee Hodson (MK Dons), Chris Baird (Derby County), Paddy McNair (Manchester United.

Gelandang: Steven Davis (Southampton), Oliver Norwood (Reading), Corry Evans (Blackburn), Jamie Ward (Nottingham Forest), Stuart Dallas (Leeds), Niall McGinn (Aberdeen), Shane Ferguson (Millwall)

Penyerang: Will Grigg (Wigan), Kyle Lafferty (Birmingham), Conor Washington (QPR), Josh Magennis (Kilmarnock)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.