Sukses

Fakta Baru Kepulan Asap Motor Rossi di Mugello

Awalnya, teknisi Movistar Yamaha menemukan fakta YZR-M1 Valentino Rossi kehabisan pelumas..

Liputan6.com, Barcelona - Dua hari jelang balapan MotoGP di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Movistar Yamaha ungkap penyebab kepulan asap yang dialami motor Valentino Rossi saat balapan di Mugello, Italia, dua pekan lalu.

Awalnya, para teknisi Movistar Yamaha menemukan fakta lain terkait motor yang dipakai Rossi, YZR-M1. Menurut mereka, motor Rossi mengalami kerusakan pada sieze atau beberapa bagian mesin kehilangan pelumas dan komponennya terkikis hingga tidak berfungsi.

Baca Juga

  • Gabung Ducati, Lorenzo Bawa Gerbong Yamaha
  • Wajah WAGs Bek Liverpool Mirip Kim Kardashian
  • 5 Wonderkid Bersinar di Tangan Mourinho

Kini, seperti dilansir Auto Sport, para teknisi mengungkap sebuah fakta baru mengenai kerusakan motor Rossi. Masalah elektronik menjadi penyebab utamanya. Kerusakan ini mengakibatkan rev limiter atau komponen untuk membatasi putaran mesin agar tidak melebihi  RPM (Rotation Per Minute) hancur.

"Akibat masalah elektronik, rev limiter membuat katup dan piston motornya mengalami kerusakan," ucap Kepala Proyek Yamaha untuk MotoGP, Kouji Tsuya.

Valentino Rossi (AFP)

Tidak hanya rev limiter, motor Rossi juga mengalami kerusakan pada overrev yang mengakibatkan motornya ngebul di Mugello. "Overrev pada motor Rossi melewati batas saat dia memacu motornya secara maksimal di lintasan lurus," kata Tsuya.

Dia tidak menyalahkan Rossi dalam hal ini. Tsuya sangat memahami ambisi pembalap berusia 37 tahun itu yang ingin memenangkan balapan di tempat asalnya. Sebab Mugello merupakan sirkuit yang paling enak untuk ngebut di trek lurus.

"Mugello merupakan salah satu sirkuit paling enak untuk mencapai kecepatan penuh pada lurus. Di Mugello, RPM mesin menjadi lebih tinggi," kata pria asal Jepang tersebut.

Tsuya menegaskan, timnya sudah mengembangkan rev limiter pada YMZ-M1 milik Rossi. "Kami sudah memodifikasi rev limiter sehingga tak perlu ada lagi yang harus dikhawatirkan oleh Rossi saat balapan di Katalunya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.