Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Republik Ceko

Peringkat dua menjadi prestasi paling ciamik bagi Republik Ceko di ajang empat tahunan ini.

Liputan6.com, Paris - Republik Ceko bukan negara baru di kancah Piala Eropa. Namun negara balkan ini baru berganti nama dari sebelumnya Cekoslowakia pada 1992 lalu. Sejak 1996, Republik Ceko tak pernah absen di kancah Piala Eropa.

Baca Juga

  • 5 Kiper Terbaik Eropa Musim 2015/2016
  • Piala Eropa: Antara Profesionalitas dan Kewajiban Berpuasa
  • Mourinho Datang, Tiket Musiman MU Ludes Terjual

Negara ini selalu punya pemain yang bisa diandalkan seperti Pavel Nedved, Jan Koller, Milan Baros hingga sekarang nama-nama baru seperti Tomas Rosicky dan Milan Skoda. Kiprah tim besutan Pavel Vrba ini tak bisa dipandang sebelah mata. Pada 1996, mereka menjadi finalis sialnya kalah lawan Jerman.

Peringkat dua menjadi prestasi paling ciamik bagi Republik Ceko di ajang empat tahunan ini. Apakah Rosicky Cs bisa mengulang prestasi senior-senior mereka di masa lampau? Target perempat final sepertinya bukan mustahil untuk dibidik.


Tahukah Anda
Republik Ceko sukses memenangi Grup mereka di Piala Eropa 2012, meski kalah 1-4 di tangan Rusia pada laga pembuka.

Julukan: Narodak
Peringkat FIFA: 29
Prestasi Terbaik: Runner up Piala Eropa1996

Kualifikasi
Republik Ceko memuncaki klasemen grup A saat sesi kualifikasi Piala Eropa 2016 rampung digelar. Meski dihuni negara kuat seperti Belanda dan Turki, namun Narodak bisa keluar sebagai pimpinan klasemen.

Republik Ceko keluar sebagai juara setelah menggamit 22 poin hasil dari 7 kali menang, 1 kali imbang dan 2 kalah. Mereka hanya unggul 2 poin dari Islandia yang berada di posisi dua.

Keberhasilan rebut pucuk pimpinan berkat permainan kolektif Narodak sepanjang kualifikasi. Gelandang Borek Dockal menjadi penyumbang gol paling banyak, 4 gol dari 19 gol yang dicetak Republik Ceko.

Pelatih: Pavel Vrba
Pelatih tim nasional Republik Ceska, Pavel Vrba. (AFP/Ozan Kose)

Pavel Vrba lahir dan besar untuk sepakbola Republik Ceko. Saat masih menjadi pemain, dia bergelut dengan klub-klub di Ceko seperti Banik Havirov atau FC Prevov. Saat menjadi pelatih, Vrba juga besar dengan klub-klub Ceko.

Diawali dengan melatih Banik Ostrava, taji pelatih berusia 52 tahun ini mulai terasah ketika menangani Vitoria Plzen. Dia berhasil membawa Plzen menjadi raja di Gambrinus liga, kompetisi di Repbulik Ceko.

Dia juga membawa Plzen tiga kali  beruntun tembus fase grup Liga Champions. Pada Januari 2014, dia pun diangkat sebagai pelatih timnas Republik Ceko. Total dia sudah melakoni 19 laga bersama Narodak. Dia diharapkan bisa angkat kembali prestasi Republik Ceko di dunia internasional setelah dua kali gagal tembus Piala Dunia 2010 dan 2014.

Partisipasi Piala Eropa
(1960, 1976, 1980,1996,2000,2004,2008,2012,2016)
Sejak berganti nama menjadi Republik Ceko, Narodak sudah mengikuti Piala Eropa sebanyak enam kali. Jika dijumlah dengan nama lama Cekoslowakia, maka mereka sudah tembus Piala Eropa sebanyak 9 kali.

Saat masih bernama Cekoslowakia, mereka mampu menjadi juara Piala Eropa 1976.Namun pesertanya baru empat negara. Meski demikian, itu sudah menjadi tanda jika negara ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Keberhasilan mereka menjadi pimpinan klasemen grup A pada kualifikasi juga menjadi tanda solidnya skuat yang dilatih Pavel Vrba ini.

Jadwal
13 Juni, Spanyol vs Republik Ceko (Toulouse)
17 Juni, Republik Ceko vs Kroasia (St Ettiene)
22 Juni, Republik Ceko vs Turki (Lens)

Bintang: Petr Cech
Kiper Ceko, Petr Cech (kiri) berjibaku kontra penyerang Polandia, Arkadiusz Milk (kanan) untuk menghalau bola, pada laga persahabatan internasional, di Wroclaw (17/11/2015). Cech harus absen pada dua pertandingan akhir bulan ini, yakni kontra Swedia dan S

Tak salah jika bintang Republik Ceko dialamatkan kepada Petr Cech. Sebagai kapten, dia bakal jadi inspirasi tim dari gawang. Jika kiper Arsenal ini bisa melakukan penyelamatan gemilang, maka kepercayaan diri bakal terangkat.

Tak perlu ditanyakan pula reputasi Cech. Sebagai pemegang cap terbanyak di skuat sekarang, Cech sudah kenyang pengalaman mentas di event internasional.

Dia sudah mentas dengan Republik Ceko sejak Piala Eropa 2004. Maka itu, dia diharapkan bisa menjadi penyemangat bersama pemain senior lain seperti Jiroslav Plasil, Tomas Rosicky dan David Lafta.

Skuat
Kiper:  Petr Cech (Arsenal), Tomas Koubek (Slovan Liberec) and Tomas Vaclik (Basel)

Bek: Theodor Gebre Selassie (Werder Bremen), Roman Hubnik (Viktoria Plzen), Pavel Kaderabek (Hoffenheim), Michal Kadlec (Fenerbahce), David Limbersky (Viktoria Plzen), Daniel Pudil (Sheffield Wednesday), Tomas Sivok (Bursaspor), Marek Suchy (Basel)

Gelandang: Vladimir Darida (Hertha Berlin), Borek Dockal (Sparta Prague), Daniel Kolar (Viktoria Plzen), Ladislav Krejci (Sparta Prague), David Pavelka (Kasimpasa), Jaroslav Plasil (Girondins Bordeaux), Tomas Rosicky (Arsenal), Jiri Skalak (Brighton and Hove Albion), Josef Sural (Sparta Prague)

Depan: David Lafata (Sparta Prague), Tomas Necid (Bursaspor), Milan Skoda (Slavia Prague)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.