Sukses

Muhammad Ali, Juara Dunia Nan Penuh Kontroversi

Ali juga dikenal sebagai pria yang hobi berselingkuh.

Liputan6.com, Phoenix - Jagat tinju dunia berduka dengan kabar meninggalnya Muhammad Ali akhir pekan ini. Dalam dunia tinju, Ali adalah seorang legenda. Namun, ia juga dikenal sebagai juara dunia tinju yang selalu erat dengan kontroversi.

Ali terpaksa harus mengakhiri perjuangannya dalam melawan sindrom parkinson. Parkinson adalah jenis penyakit degeneratif syaraf yang ditemukan pada 1817. Gejala yang paling sering dijumpai adalah adanya tremor atau getaran di tubuh saat sedang beristirahat.

Baca Juga

  • Ini Agenda Utama di KLB PSSI
  • 5 Laga Terbaik dalam Sejarah Piala Eropa
  • Kelompok 85 Desak PSSI Segera Tunjuk Pelatih Timnas

Sejak pensiun pada 1981, pria bernama lengkap Cassius Marcellus Clay, Jr. itu memang sudah bolak-balik menjalani perawatan di rumah sakit. Tak hanya parkinson, Ali juga didiagnosa menderita pneumonia.

Setelah menjalani perawatan, Ali akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (4/6/2016) di RS Phoenix, AS. Ia meninggal dunia tepat di usia 74 tahun. Kini orang-orang hanya bisa mengenang Ali di dalam ingatan.

Sepanjang kariernya, Ali sendiri dikenal sebagai petinju yang sarat kontroversi. Pertama, ia mengubah namanya menjadi Muhammad Ali setelah bergabung dengan Nation of Islam pada 1975. Saat itu, banyak yang memprotes dan mengecam keputusan Ali.

Bahkan, Ali pun sempat diskors Komisi Tinju Dunia selama tiga tahun. Pada 1967, tepat tiga tahun setelah memenangi gelar kelas berat, Ali menolak untuk mengikuti program wajib militer di AS dalam perang Vietnam. Saat itu, ia berujar," Saya tak ada masalah dengan orang-orang Vietkong dan tidak ada satupun orang Vietkong yang memanggilku dengan sebutan Nigger (Negro)."

Soal percintaan, Ali pun dikenal sebagai pria yang gemar berselingkuh. Awalnya, ia menikah dengan Sonji Roi pada 14 Agustus 1964. Lalu, Ali malah memutuskan bercerai pada 10 Januari 1966. Ia kesal dengan sikap Roi yang tak mau berpakaian layaknya seorang Muslim.

Setelah itu, Ali kembali menjalin ikatan suci dengan Belinda Boyd pada 17 Agustus 1967. Meski menghasilkan tiga anak, Ali tetap tak bisa mengubah sikap buruknya soal perselingkuhan. Keduanya akhirnya bercerai setelah Ali berselingkuh dengan Veronica Porche Anderson.

Ali sendiri juga sempat menginjakkan kaki di Indonesia pada 1973. Ia sempat melakoni laga tanpa gelar 12 ronde melawan Rudi Lubbers.  Kesan Ali saat itu adalah, "Sebuah negara yang unik di mana penduduknya sangat bersahabat dan selalu tersenyum kepada siapa pun." Ali juga sempat bertemu dengan pejabat-pejabat Indonesia saat datang pada 23 Oktober 1996.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.