Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Swedia

Enam pemain muda yang membawa Swedia juara Euro U-21 dipromosikan Hamren ke skuat yang tampil di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Paris - Swedia akan tampil untuk kali keenam di putaran final Piala Eropa. Di Prancis 2016, Swedia tergabung di Grup E. Cukup berat bagi Swedia untuk bisa lolos langsung ke babak selanjutnya. Mereka harus bersaing dengan Belgia, Italia dan Republik Irlandia.

Baca Juga

  • Luis Salom Tewas, Valentino Rossi Duga Ada Kerusakan Motor
  • Video: Detik-detik Pembalap Moto2 Tewas di Sirkuit Catalunya
  • Fakta Baru Kepulan Asap Motor Rossi di Mugello

Pelatih Erik Hamren mengandalkan gabungan pemain muda dan senior. Enam pemain muda yang membawa Swedia juara Euro U-21 dipromosikan Hamren ke skuat yang tampil di Piala Eropa 2016.

Mereka adalah Patrik Carlgren, Victor Nilsson Lindelof, Ludwig Augustinsson, Oscar Lewicki, Oscar Hiljemark dan John Guidetti. Guidetti kemungkinan besar akan mendapat kesempata mendampingi Zlatan Ibrahimovic. Pemain yang konon akan membela Manchester United itu masih akan jadi andalan utama untuk bisa membuat kejutan di Piala Eropa 2016.

Tahukah Anda

Juara Eropa Spanyol menderita kekalahan di tangan Swedia pada Oktober 2006. Itu adalah kekalahan terakhir Tim Matador di babak kualifikasi sampai akhirnya mereka kalah lagi di tangan Slovakia pada Oktober 2014


Julukan: Blågult
Peringkat FIFA: 36
Prestasi terbaik: Semifinal Piala Eropa 1992

Kualifikasi
Swedia baru bisa memastikan tiket berlaga di Prancis setelah memenangi laga play-off. Swedia menyingkirkan rival terbesar mereka Denmark setelah menang agregat 4-3. Ibrahimovic dan kawan-kawan harus berjuang lewat play-off setelah cuma menempati posisi tiga klasemen Grup G babak kualifikasi. Swedia kala itu kalah bersaing dengan Austria dan Rusia yang meraih tiket lolos otomatis.

Pelatih: Erik Hamren
Pelatih tim nasional Swedia, Erik Hamren. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Erik Hamren mulai menukangi Swedia di tahun 2009. Federasi Sepak bola Swedia terkesan dengan tangan dingin Hamren ketika melatih Aalborg dan Rosenborg.

Hamren bahkan diberi kebebasan merangkap jabatan di awal kariernya di timnas Rusia. Ketika itu di juga masih melatih Rosenborg. Pria berusia 58 tahun itu masih minim pengalaman di level internasional. Sejak mulai jadi peltih di tahun 1987, Hamren hanya menangani klub lokal Swedia saja.

Partisipasi Piala Eropa
(1992, 2000, 2004, 2008, 2012, 2016)
Swedia belum pernah sekalipun menjuarai Piala Eropa. Dari lima keikutsertaan terdahulu, pencapaian terbaik Swedia hanya semifinalis pada tahun 1992. Pada dua edisi terakhir Piala Eropa, Swedia bahkan tiga mampu lolos dari babak penyisihan grup. Di Piala Eropa 2008 dan 2012, Swedia cuma bisa memetik satu kemenangan.

Jadwal
13 Juni: Irlandia vs Swedia
17 Juni: Italia vs Sedia
22 Juni: Swedia vs Belgia

Bintang: Zlatan Ibrahimovic
Bintang tim nasional Swedia, Zlatan Ibrahimovic. (AFP/Jonathan Nackstrand).

Piala Eropa 2016 kemungkinan menjadi penampilan terakhir Zlatan Ibrahimovic bersama timnas Swedia di kejuaraan antarnegara Eropa itu. Pemain 34 tahun itu tentu ingin mempersembahkan prestasi terbaik setelah gagal di 2008 dan 2012.

Mantan pemain Juventus dan Barcelona ini sedang dalam bentuk penampilan terbaik meski sudah termakan usia. Di musim 2015-2015, Ibra mencetak 38 gol dari 31 penampilan bersama Paris Saint Germain di Ligue 1.

Skuat
Kiper: Andreas Isaksson (Kasimpasa), Robin Olsen (Copenhagen), Patrik Carlgren (AIK).

Bek: Ludwig Augustinsson (Copenhagen), Erik Johansson (Copenhagen), Pontus Jansson (Torino), Victor Lindelof (Benfica) Andreas Granqvist (Krasnodar), Mikael Lustig (Celtic), Martin Olsson (Norwich).

Gelandang: Jimmy Durmaz (Olympiakos), Albin Ekdal (Hamburg), Oscar Hiljemark (Palermo), Sebastian Larsson (Sunderland), Pontus Wernbloom (CSKA Moscow), Erkan Zengin (Trabzonspor), Oscar Lewicki (Malmo), Emil Forsberg (Leipzig), Kim Kallstrom (Grasshoppers).

Striker: Marcus Berg (Panathinaikos), John Guidetti (Celta Vigo), Zlatan Ibrahimovic (Paris), Emir Kujovic (Norrkoping).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini