Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Austria

Tim berjuluk 'Das Team' ini, pertama kali ikut serta di Piala Eropa pada 2008.

Liputan6.com, Paris - Austria sebetulnya bukan tim yang memiliki tradisi di Piala Eropa. Timnas Austria justru memiliki prestasi bagus di ajang Piala Dunia. Tercatat mereka sudah 7 kali berlaga di turnamen tersebut.

Baca Juga

  • 6 Pembalap yang Meninggal di Sirkuit
  • Saat Muhammad Ali dan Mike Tyson Baca AlquranMotoGP Catalunya: Marquez Pole Position, Rossi Tercecer

Tim berjuluk 'Das Team' ini, pertama kali ikut serta di Piala Eropa pada 2008.  Itu pun karena Austria menjadi tuan rumah bersama Swiss, maka otomatis lolos ke babak selanjutnya.

Dengan pemain andalan seperti David Alaba, Marko Arnautovic, Aleksandar Dragovic, hingga Christian Fuchs, Austria layak dipandang sebagai tim kuda hitam di Piala Eropa 2016. Kompetisi ini akan dijadikan momen kebangkitan sepak bola Austria.

Tahukah Anda
Di usia 38 tahun 257 hari, mantan pemain Austria, Vastic, menjadi pemain tertua yang mencetak gol di Piala Eropa. Hal itu ia lakukan pada Piala Eropa 2008 di Polandia.

Julukan: Das Team
Peringkat FIFA: 11

Kualifikasi
Austria masuk dalam Grup F bersama dengan Portugal, Islandia dan Hongaria. Mereka maju ke babak selanjutnya dengan sangat meyakinkan. Austria lolos ke putaran final sebagai juara grup G. Mereka tak pernah menelan kekalahan selama kualifikasi.

Mereka berhasil memetik 9 kemenangan, sekali imbang, dari 10 kali lagi yang dilakoni. Austria berhasil menaklukkan Rusia dan Swedia. Prestasi mengagumkan lainnya mereka tercatat hanya kebobolan sebanyak lima gol dalam 10 penampilan.

Partisipasi
(2008)
Sejak keikutsertaanya dari tahun1960 hingga 2004, Austria belum pernah lolos kualifikasi. Tim berjuluk 'Das Team' ini, pertama kali ikut serta di Piala Eropa pada 2008. Namun, itu pun karena Austria menjadi tuan rumah bersama Swiss, maka otomatis lolos ke babak utama.

Sayangnya, mereka hanya bisa berpartisipasi hingga babak grup. Meski begitu, bukan berarti Austria tim yang bisa dipandang remeh. Skuat asuhan Marcel Koller ini adalah tim yang tak terkalahkan saat kualifikasi. Publik Austria bangga karena tim kebanggaan mereka akan tampil di kompetisi bergengsi setelah absen selama delapan tahun lamanya.

Jadwal
14 Juni 2016 - Austria vs Hungaria
18 Juni 2016 - Portugal vs Austria
22 Juni 2016 - Islandia vs Austria

Bintang: David Alaba
Bintang tim nasional Austria, David Alaba. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Austria memiliki sejumlah pemain yang merumput di klub-klub top Eropa. Salah satunya adalah David Alaba. Bek Bayern Muenchen ini, adalah pengatur irama dan tempo permainan Austria. Alaba adalah pemain yang membuat timnya lebih kuat.

Sering menjadi full-back di klubnya, pemain 23 tahun ini justru diberikan peran yang lebih menyerang bersama negaranya. Alhasil,  Alaba mencetak empat gol dalam delapan penampilan di babak kualifikasi. Alaba memegang rekor sebagai pemain paling muda yang pernah membela Timnas Austria dengan mengawali debutnya pada usia 17 tahun.

Pelatih: Marcel Koller
Pelatih Timnas Austria, Marcel Koller diangkat para pemain setelah Austria memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2016. Koller berjanji membawa Austria tak sekadar penggembira di Prancis, musim panas nanti.  (EPA/Robert Jaeger)

Koller yang ditunjuk sebagai pelatih pada Oktober 2011, cukup sukses membawa timnya menembus kompetisi di Benua Biru. Di bawah arahannya, Austria melenggang ke putaran final dengan memuncaki Grup G.

Koller ditunjuk menggantikan Dietmar Constantini yang gagal mengemban tugas membawa Austria ambil bagian di Piala Eropa 2012. Dan, pelatih 55 tahun itu,  diharapkan bisa mempertahankan penampilan apik anak asuhnya. Apalagi, Austria akan menghadapi lawan yang tak terbilang mudah di Grup F karena akan menantang Portugal, Hongaria, dan Islandia.

Skuat
Kiper: Robert Almer (Austria Vienna), Heinz Lindner (Eintracht Frankfurt), Ramazan Ozcan (Ingolstadt).

Bek: Aleksandar Dragovic (Dinamo Kiev), Christian Fuchs (Leicester City), Gyorgy Garics (Darmstadt), Martin Hinteregger (Borussia Monchengladbach), Florian Klein (Stuttgart), Sebastian Prodl (Watford), Markus Suttner (Ingolstadt), Kevin Wimmer (Tottenham Hotspur).

Gelandang: David Alaba (Bayern Munich), Marko Arnautovic (Stoke City), Julian Baumgartlinger (Mainz), Martin Harnik (Stuttgart), Stefan Ilsanker (Leipzig), Jakob Jantscher (Luzern), Zlatko Junuzovic (Werder Bremen), Marcel Sabitzer (Leipzig), Alessandro Schopf (Schalke)

Striker: Lukas Hinterseer (Ingolstadt), Rubin Okotie (1860 Munich), Marc Janko (Basel).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini