Sukses

Torehan Gol 18 Peserta Masih Macet

Dari 45 pertandingan yang telah digelar hingga pekan kelima baru tercipta 84 gol.

Liputan6.com, Jakarta - Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo telah merampungkan pekan ke-5. Torehan gol terbilang minim. Dari 45 pertandingan yang telah digelar, baru tercipta 84 gol. Torehan 18 peserta masih macet.

Bila dirata-rata hanya tercipta 1,86 gol per partai. Artinya, tak banyak banjir gol tercipta. Faktanya, hingga pekan ke-5 terdapat 10 laga yang tak menghasilkan gol atau laga berakhir imbang 0-0. 

Hanya satu partai di mana hujan gol tercipta ketika Sriwijaya FC mengalahkan Madura United dengan skor telak lima gol tanpa balas. 

Baca Juga

  • Kontroversial, Ekuador Gagal Kalahkan Brasil
  • Bukan Stones, Ini Calon Kuat Bek Andalan Mourinho di MU
  • Neymar Main Film XXX

Kemenangan besar lainnya juga diraih Semen Padang ketika menjamu tim asal Jawa Timur, Persela Lamongan. Semen Padang menghancurkan Persela dengan skor telak 4-0. Pada pertandingan di Stadion Haji Agus Salim, 28 Mei 2016 lalu.

Lantas bagaimana peta persebaran gol di pekan ke-6? Dari data yang dikumpulkan Liputan6.com terdapat siklus menarik terkait perolehan jumlah gol di tiap pekan.

Dari pekan pertama hingga ke-5, grafik gol naik turun Pada pekan 1 tercipta 18 gol, kemudian pekan ke-2 menurun drastis. Hanya 8 gol tercipta. Memasuki pekan ke-3 melonjak drastis yakni menghasilkan 26 gol. Namun, pekan ke-4 kembali menurun dan hanya tercipta 14 gol. Pekan ke-5 yang baru saja berakhir naik lagi meski tak signifikan yang tercipta 18 gol.

Fenomena minim gol untuk itu bisa saja terjadi di pekan ke-6 hingga seterusnya. Bahkan, gol yang tercipta bisa lebih sedikit. Taktik cenderung bertahan para kontestan berbanding lurus dengan jumlah gol. Kekuatan dan kualitas tim yang seimbang  menjadi penentu, rapor gol sangat minim.

Pada pekan ke-6, laga yang berpotensi minim gol dan bisa berakhir imbang adalah Mitra Kukar vs Pusamania Borneo FC, Perseru Serui vs Semen Padang, PSM Makassar vs Arema Cronus.

Sementara laga yang berpeluang tercipta skor tipis adalah Persegres Gresik United vs Sriwijaya FC, Persipura Jayapura vs Barito Putera, dan Madura United vs Persiba Balikpapan. Laga yang kemungkinan bakal tercipta lebih dari dua gol adalah Bali United vs Persela Lamongan, Bhayangkara SU vs Persib Bandung, dan Persija vs PS TNI.

Hingga pekan ke-5, terdapat empat tim dengan jumlah kebobolan terbanyak, yaitu Madura United, Bali United, Gresik United, dan PS TNI. Mereka sama-sama telah kebobolan 7 gol. Menurut Indra Sjafri, pelatih Bali United, organisasi pertahanan timnya masih berantakan. Itu terlihat ketika mereka tumbang dari Persiba Balikpapan."Tiga lini tidak berjalan dengan baik. Sehingga titik lemah ini bisa dimanfaatkan Persiba dengan kecepatan mereka."

Sementara itu, di lain pihak, pelatih Gresik United, Liestiadi menilai koordinasi lini pertahanan masih kurang terutama Ambrizal dan Sasa Zecevic. "Lawan masih masih menembus lini belakang kami," kata pelatih asal Sumatera Utara ini. "Pemain kurang ketat menjaga lawan. hal ini tidak boleh terjadi lagi," ujar Liestiadi. (Penulis: Indra Eka Setiawan) 

Peta persebaraan gol Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo
Gol pekan ke-1: 18
Gol pekan ke-2: 8
Gol pekan ke-3: 26
Gol pekan ke-4: 14
Gol pekan ke-5: 18
Jumlah gol hingga pekan ke-5: 84
Rata-rata gol per pekan: 16,8 gol
Rata-rata gol per partai: 1,86 gol
Penulis: I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini