Sukses

Derby Kalimantan: Selalu Seru dan Layak Ditunggu

Lantas seperti apa nuansa derby Kalimantan? Siapa yang lebih dominan di antara keempat tim yang saat ini berlaga di TSC.?

Liputan6.com, Jakarta Kalimantan menjadi salah satu barometer sepak bola Indonesia. Sejumlah klub elite di Indonesia tumbuh dan berkembang di pulau yang dikenal dengan sebutan Borneo.

Klub-klub di Kalimantan pun telah sering bertemu. Nuansa derby sangat kental karena saling berhasrat besar untuk mengalahkan. Hal tersebut menjadi pertandingan terasa seru, panas, dan sengit.

Baca Juga

  • Dua Pemain Spanyol Tumbal Kedatangan Mourinho di MU
  • Jurus Jitu Mourinho Kalahkan Juventus di Bursa Transfer
  • MU Disebut Telah Dapatkan Ibrahimovic

Sejak era ISL, derby Kalimantan sudah muncul ke permukaan. Laga antarklub di Kalimantan menjadi salah satu sisi menarik di persepakbolaan Indonesia. Keberadaan empat klub asal Kalimantan di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, membuat derby Kalimantan layak ditunggu.

Pada pekan ke-6, Jumat (10/6), duel seru bakal terjadi saat Mitra Kukar menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Aji Imbut. Laga tersebut dijadikan tuan rumah sebagai ajang balas dendam. Maklum saja, dalam turnamen Piala Bhayangkara 2016, Naga Mekes kalah 1-2 dari Pesut Etam. Itu menjadi satu-satunya pertemuan kedua tim.

Lantas seperti apa nuansa derby Kalimantan? Siapa yang lebih dominan di antara keempat tim yang saat ini berlaga di TSC?

Sementara ini Mitra Kukar terbilang tim yang paling unggul dalam kemenangan dia derby Kalimantan. Kontra ketiga tim dari Kalimantan di TSC, Naga Mekes mampu menuai 4 kemenangan. Kemudian disusul Persiba Balikpapan yang mendulang 2 kemenangan, Barito Putra dengan 2 kemenangan, dan PBFC dengan 1 kemenangan. (Oleh Indra Eka Setiawan)

Statistik Derby Kalimantan

1.) PBFC vs Mitra Kukar
PBFC 2-1 Mitra Kukar

2.) PBFC vs Persiba
(Belum pernah bertemu)

3.) PBFC vs Barito
(Belum pernah bertemu)

4.) Mitra Kukar vs Persiba
Persiba 0-1 Mitra Kukar    
Mitra Kukar 4-0 Persiba     
Persiba 0-0 Mitra Kukar    
Mitra Kukar 2-0 Persiba     
Mitra Kukar 0-0 Persiba     
Persiba 3-1 Mitra Kukar

5.) Mitra Kukar vs Barito Putera
Barito Putera 5-1 Mitra Kukar    
Mitra Kukar 1-0 Barito Putera

6.) Persiba vs Barito Putera
Barito 1-0 Persiba
Persiba 1-0 Barito

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini