Sukses

Mengamuk, Amerika Libas Kosta Rika

Graham Zusi menutup kemenangan besar Amerika Serikat atas Kosta Rika di babak penyisihan Grup A Copa Amerika 2016.

Liputan6.com, Illinois - Amerika Serikat sukses melibas Kosta Rika 4-0 dalam laga kedua penyisihan grup A Copa America 2016, Rabu (8/6/2016) pagi tadi. Kemenangan ini memperbaiki catatan penampilan mereka usai kekalahan dari Kolombia di partai perdana.

Baca Juga

  • Formasi Inggris Tak Sengaja Diumbar Asisten Hodgson
  • Video: Panitia Salah Putar Lagu Kebangsaan, Cavani Cs Bengong
  • Waspada Mata-mata, Markas Latihan Inggris Ditutup Terpal

Gol pembuka dalam laga ini dilesakkan Clint Dempsey pada menit ke sembilan lewat titik putih. Penyerang klub MLS Seattle Sounders tersebut menjadi eksekutor penalti setelah bek sayap Cristian Gamboa menjatuhkan Bobby Wood.

Pada menit ke-37 gol kedua The Yanks lahir dari kaki Jermaine Jones dengan tendangan first time usai memanfaatkan umpan matang Dempsey. Bola melengkung tersebut melesak ke pojok gawang kiper Patrick Pemberton.

Anak-anak asuhan Jurgen Klinsmann tersebut belum terbentung hingga babak pertama usai. Tiga menit jelang turun minum, AS menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat tendangan jauh Bobby Wood. Pemain kelahiran Honolulu 23 tahun lalu tersebut melesakan bola ke tiang jauh gawang Kosta Rika setelah melewati kawalan Oscar Duarte.

Pada babak kedua, Kosta Rika tampak berusaha keluar dari tekanan dan menciptakan beberapa peluang bagus. Pada menit ke-52 misalnya, pemain pengganti Randall Azofeifa sempat melakukan tendangan dari depan gawang Brad Guzan namun bola masih terlalu tinggi ke atas mistar.

Wood yang mencetak gol Amerika di babak pertama, akhirnya diganti oleh Graham Zusi dan keputusan Klinsmann ini membuat tuan rumah makin di atas angin. Melewati dua bek La Sele, Zusi mencetak gol keempat pada menit 87.

Lewat kemenangan 4-0 atas Kosta Rika ini, AS langsung keluar dari posisi juru kunci menjadi pemuncak klasemen dengan perolehan 3 poin. Di bawahnya, ada Kolombia yang memiliki poin sama dan tengah bermain melawan Paraguay di pertandingan keduanya di Grup A.

Susunan pemain AS vs Kosta Rika:

Amerika Serikat XI (4-3-3):

Guzan; Yedlin, Cameron, Brooks, Johnson; Jones, Bradley, Bedoya; Zardes, Wood, Dempsey.

Cadangan: Birnbaum, Besler, Nagbe, Howard, Orozco, Beckerman, Kitchen, Pulisic, Wondolowski, Zusi, Castillo, Horvath.

Kosta Rika XI (5-4-1):

Pemberton; Gamboa, Calvo, Acosta, Duarte, Matarrita; Campbell, Bolanos, Borges, Ruiz; Urena.

Cadangan:Carvajal, Umana, Oviedo, Saborio, Venegas, Granados, Azofeifa, Salvatierra, Tejada, Woodly, Moreira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini