Sukses

Profil Stadion Piala Eropa: Matmut Atlantique

Pada 18 Mei 2015, stadion seharga 168 juta euro ini mulai dibuka.

Liputan6.com, Bordeaux - Prancis selaku tuan rumah Piala Eropa 2016 tampak begitu serius menggarap hajatan sepak bola empat tahunan antarnegara Eropa ini. Salah satu bukti keseriusan mereka adalah adanya stadion Matmut Atlantique di kota Bordeaux.

Matmut Atlantique mulai dibangun pada 2013 dan hanya membutuhkan waktu dua tahun pembangunan. Pada 18 Mei 2015, stadion seharga 168 juta euro ini mulai dibuka.

Nama Stadion sendiri semula adalah Stade Bordeaux Atlantique. Namun nama Stadion diubah setelah perusahaan finansial asal Prancis, Matmut Group and SBA menandatangani kontrak 10 tahun untuk penamaan stadion.

Stadion ini dirancang oleh firma arsitektur kelas dunia Herzog & de Meuron yang juga merancang stadion Allianz Arena milik Bayern Muenchen, juga Stadion Olimpiade di Beijing, Tiongkok. Desain bangunan stadion pun terbilang unik.

Warna putih mendominasi seluruh stadion mulai dari luar hingga dalam. Bentuk Stadion mirip seperti mangkuk dengan banyak pilar di bagian luar.

Baca Juga

  • Hari Ini MU Umumkan Pembelian Pertama Mourinho
  • 3 Bintang Chelsea Ini Mungkin Ikut Mourinho ke MU
  • Sasis Baru Yamaha, Rossi Pede Tatap MotoGP Assen

"Arsitektur Matmut Atlantique adalah hasil dari kombinasi tiga bagian penting: bentuk mangkuk sebagai wadah bagi pertandingan dan penontonnya, jalan penghubung antara lapangan dan bagian luar stadion, dan terakhir: penampilan," tulis situs resmi stadion, matmut-atlantique.com.

Meski dibangun untuk perhelatan Piala Eropa 2016, stadion ini mampu menggelar berbagai pertandingan olahraga di luar sepak bola dan juga acara lain semisal konser.

Untuk mengakomodasi berbagai cabang dan acara tersebut, teknologi Airfbr pun disematkan pada rumput stadion. Hasilnya, rumput stadion ini mampu menghelat dua pertandingan rugby sekaligus dalam waktu kang dari 24 jam, tanpa merusak permukaan lapangan.

Badan Pengelola Liga Prancis (LFP) dan media ternama Prancis, Canal+ bahkan memberikan predikat terbaik pada kualitas rumput Matmut Atlantique. Dengan kualitas seperti itu, bola dipastikan akan mengalir mulus di atas permukaan lapangan.

Di luar itu, Stadion ini pun dilengkapi 125 kursi penonton khusus penyandang disabilitas. 19 toko makanan di luar stadion, area parkir yang mampu menampung 8500 kendaraan, dan 556 lampu pencahayaan di bagian atap stadion.

Di Piala Eropa 2016, Stadion ini akan menjadi tempat mengehelat lima pertandingan, salah satunya adalah babak perempat final. Di antara empat pertandingan fase grup, pertandingan yang cukup menarik adalah saat Spanyol bertemu Kroasia.

Dengan kualitas rumput, pencahayaan, dan sisi elegan stadion, para suporter dipastikan dapat menikmati pertandingan dengan kepuasan maksimal.

Data Stadion Matmut Atlantique
Dibangun: 2013- 18 Mei 2015
Markas Klub: Girondins de Bourdeaux
Biaya pembangunan: 168 juta euro (Rp, 2,545 triliun)
Kota: Bordeaux
Kapasitas:  42.115

Pertandingan Piala Eropa di Matmut Atlantique
Wales Vs Slovakia (Grup B, 11 Juni 2016)
Austria Vs Hungaria (Grup F, 14 Juni 2016)
Belgia Vs Republik Irlandia (Grup E, 18 Juni 2016)
Kroasia Vs Spanyol (Grup D, 21 Juni 2016)
Babak perempat final (2 Juli 2016
Matmut Atlantique (EPA-Caroline Blumberg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.