Sukses

15 Fakta Unik Bambang Pamungkas

Bepe lahir di Semarang 10 Juni 1980. Ia mulai mengawali karier sepak bola saat berusia 8 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan antara Persija Jakarta melawan PS TNI pada pekan keenam Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo akan terasa spesial bagi Bambang Pamungkas. Laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu bertepatan dengan hari ulang tahun Bambang Pamungkas yang ke-36.

Baca Juga

  • Hasil Tes Pribadi Puaskan Valentino Rossi
  • Eric Bailly Rekrutan Pertama Mourinho di MU
  • Remaja Indonesia Bakal Tes di MU

Bepe (sapaan akrabnya) lahir di Semarang 10 Juni 1980. Pemain yang juga menjadi ikon Persija Jakarta ini mulai mengawali karier sepak bola saat berusia delapan tahun.

Kala itu, Bambang memulai perjalanan kariernya bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Hobby Sepak Bola Getas (1988-1989).

Bakatnya sebagai pesepak bola kian terlihat ketika dia terus mengasah kemampuannya dengan keluar masuk akademi sepak bola seperti SSB Ungaran Serasi selama lima tahun (1989--1993), Persada Utama Ungara (1993--1994), Persikas APACINTI Kab Semarang (1994--1996), dan Diklat Salatiga (1996--1999).

Hasil kerja kerasnya membuatnya mendapatkan kontrak dari Persija pada 1999. Keputusan memilih klub Ibu kota menjadi langkah tepat bagi Bepe, sebab pemain bertubuh tinggi 170 cm menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak Persija total 137 gol. Ternyata tak hanya garang di depan gawang lawan, Bepe memiliki berbagai fakta menarik tentang dirinya.

Liputan6.com mencoba merangkum berbagai fakta unik tentang Bepe yang dilansir dalam laman resmi pribadinya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Unik Bambang Pamungkas

1. Bepe memiliki sepatu bola pertama saat berusia delapan tahun yang dibelikan oleh sang ayah seharga Rp 17.500. Saking senangnya, Bepe tak jarang tidur dengan kondisi sepatu bola terpasang di kakinya.

2. Saat masih bermain di SSB Ungaran, posisi Bepe adalah sayap kiri dan pesaingnya saat itu adalah Muhammad Ridwan yang saat ini bermain di Sriwijaya FC.

3. Nomor punggung yang pernah dipakai Bepe adalah 9, 10, 11, 16, 20, 24

4. Gaji pertama Bepe sebesar Rp 15.000 saat bermain di Persada Utama Ungaran.

5. Bepe pertama kali ke luar negeri pada tahun 1997 bersama timnas pelajar Asia di Patna, India. Ini juga merupakan pengalaman pertama Bepe naik pesawat.

3 dari 4 halaman

Fakta Unik Bambang Pamungkas

6. Bepe kecil dipanggil dengan sebutan Gechil karena memiliki tubuh kecil ketimbang teman-temannya.

7. Saat masih di sekolah dasar dari kelas 1 sampai kelas 6, Bepe adalah pemegang rangking satu di sekolah.

8. Bepe pernah menjadi penari saat tergabung dengan sanggar tari tradisional. Dia bahkan sempat ikut pementasan saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia di Getas.

9. Ketika kelahiran Syaura, Bepe pernah berlari dari Rumah Sakit Bunda di Menteng sampai rumahnya di Pasar Minggu sebagai nazar atas kesehatan istri, Tribuana Tungga Dewi dan anaknya.

10. Bepe baru bisa mengendarai motor pada usia 29 tahun.

4 dari 4 halaman

Fakta Unik Bambang Pamungkas

11. Bepe memiliki kaki kiri yang lebih panjang ketimbang kaki kanan.

12. Bepe pernah menjadi juara lomba masak saat masih kelas 3 SD. Saat itu dia memasak mie goreng spesial.

13. Bepe pernah dua kali ditolak masuk Diklat Salatiga karena tinggi badan yang hanya 168 cm.

14. Bepe mengakui pernah mendapatkan ancaman pembunuhan dari Jaknaia. Perisitiwa itu terjadi melalui telepon dan sedang berada di pemusatan latihan timnas di Batu Malang pada 2002.

15. Bepe selalu menggunakan celana dalam bermotif bunga-bunga. Dia bahkan pernah memakai celana dalam bermotif hati dan berwarna pink. (Oleh Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini