Sukses

Profil Stadion Piala Eropa: Stade Pierre Mauroy

Stade Pierre Mauroy selama ini digunakan sebagai markas besarnya LOSC Lille Metropole.

Liputan6.com, Lille - Pesta sepak bola terbesar di Benua Biru bertajuk Piala Eropa 2016 sebentar lagi secara resmi akan digelar di Prancis. Ini kali ketiga dalam sejarah Prancis mendapat kehormatan  menjadi tuan rumah.

Total 51 pertandingan akan digelar dalam kejuaraan ini. Terkait dengan itu, Federasi Sepak Bola Prancis sudah menyiapkan 10 stadion, termasuk beberapa stadion  baru. Salah satunya adalah Stade Pierre Mauroy yang terletak di sebelah utara Prancis. Ini adalah stadion terkenal dan sangat megah yang dimiliki Prancis.

Baca Juga

  • Hasil Tes Pribadi Puaskan Valentino Rossi
  • Eric Bailly Rekrutan Pertama Mourinho di MU
  • Remaja Indonesia Bakal Tes di MU

Awalnya, nama stadion ini adalah Stade Lille Metropole dan resmi dibuka untuk pertama kali pada Agustus 2012. Namanya kemudian diubah menjadi Stade Pierre-Mauroy untuk menghormati mantan Perdana Menteri Prancis yang sebelumnya juga menjadi Walikota Lille.

Stade Pierre Mauroy selama ini digunakan sebagai markas besarnya LOSC Lille Metropole. Mulanya pendirian stadion ini karena Lille yang turut berpartisipasi di kejuaraan Eropa memiliki markas yang dianggap tidak layak oleh UEFA.

Lille sebelumnya bermain di Stadion Grimonprez-Jooris. Pembangunan stadion baru ini menelan dana besar. Total biayanya diperkirakan menghabiskan dana sebesar 618 juta euro (sekitar 9,2 triliun rupiah).

Stadion ini memiliki dua lantai dengan kapasitas hingga 50.186 kursi penonton. Menariknya, atap stadion memiliki sistem penutup otomatis yang hanya memakan waktu 15 menit saja.

Selain itu, Stade Pierre-Mauroy juga sudah memenuhi standar HQE (High Quality Environment) karena sudah dilengkapi dengan panel-panel surya dan dua kincir angin yang terpasang untuk memberikan suplai listrik ke stadion. Di stadion ini akan digelar 6 pertandingan, 4 di antaranya adalah laga penyisihan grup, satu pertandingan babak 16 besar, dan satu pertandingan perempat final.

Stade Pierre Mauroy
Lokasi: Lille
Kapasitas: 50.000
Jumlah Pertandingan: 6
Diresmikan: 2012
Stadion Pierre Mauroy diambil dari nama mantan Walikota Lille dan Perdana Menteri Prancis. Dibangun tahun 2012 dan mampu menampung 50.186 penonton. (AFP/Philippe Huguen)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.