Sukses

Mengenal Bintang Muda Piala Eropa 2016: Federico Bernardeschi

Federico Bernardeschi kerap disebut sebagai The Next Francesco Totti.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara deretan pemain tim nasional Italia, nama Federico Bernardeschi mungkin paling memancing perhatian. Ya, pemain Fiorentina ini merupakan pemain termuda dalam skuat Gli Azzurri untuk Piala Eropa 2016.

Bernardeschi saat ini masih berusia 22 tahun. Gelandang kelahiran Carrara, Italia ini merupakan produk akademi asli La Viola -julukan Fiorentina.

Baca Juga

  • Uruguay Angkat Koper dari Copa America, Luis Suarez Ngamuk
  • Rossi Sindir Lorenzo Soal Mekanik Yamaha
  • Haru Biru Salat Jenazah Muhammad Ali

Pelatih Italia, Antonio Conte tentu bukan asal panggil dengan memasukan nama Bernardeschi ke dalam tim. Ya, di tengah absennya Marco Verratti dan Claudio Marchisio, tulang punggung serangan Italia bisa jadi ada dalam diri Bernardeschi.

Meski terkesan bintang baru, Bernardeschi sejatinya sudah menjadi langganan tim nasional Italia sejak di tim U17. Hingga tim U21, Bernardeschi telah membuat sebanyak 22 caps.

Bernardeschi pertama kali masuk tim nasional senior pada rezim Cesare Prandelli. Akan tetapi, saat itu dia hanya dipanggil dalam rangka mengetes beberapa pemain muda untuk Piala Dunia 2014.

Pemain yang mengaku mengidolakan Francesco Totti ini baru merasakan debut di tim nasional senior ketika Italia melawan Spanyol di laga persahabatan 24 Maret 2016. Bernardeschi masuk sebagai pengganti di pertandingan yang berakhir dengan skor 1-1.

Nomor 10 di Fiorentina

Sebagai seorang gelandang, Bernardeschi dinilai memiliki kemampuan di kaki kirinya. Selain itu dia juga disebut memiliki teknik mumpuni dan kemampuan menempatkan diri (positioning) yang bagus.

"Dia adalah pemain dengan keinginan yang kuat untuk membantu tim. Dengan pemain seperti dia, pelatih bisa mengubah taktik. Tidak semua pemain punya kemampuan seperti itu," puji rekan setim Bernardeschi di Fiorentina, Sousa.

Federico Bernardeschi saat mengenakan seragam Fiorentina. (Istimewa)
Tak heran, karena kemampuan positioning dan membaca permainan yang bagus, Bernardeschi pun mendapat kehormatan memakai nomor punggung 10 di Fiorentina. Hal itu tentu bukan hal mudah mengingat nomor itu pernah dipakai legenda klub seperti Giancarlo Antognoni, Roberto Baggio dan Rui Costa.

Meski mengemban nomor punggung legendaris, Bernardeschi ternyata tak merasa terbebani. Sebaliknya, dia justru merasa bangga bisa memakai nomor punggung yang juga pernah dipakai Totti di timnas Italia. "Memakai nomor punggung 10 adalah sumber kebanggaan. Saya ingin memakainya dengan bangga tanpa rasa takut," kata Bernardeschi.

Panggung Piala Eropa 2016 akan menjadi turnamen resmi pertama bagi Bernardeschi. Di turnamen ini, dia harus membuktikan diri untuk bisa jadi The Next Francesco Totti bagi timnas Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.