Sukses

Wasit Kontroversial Inggris Pimpin Belgia Vs Italia

Italia akan bersua Belgia Selasa dini hari WIB.

Liputan6.com, Zurich - Big match sudah tersaji di matchday pertama penyisihan grup Piala Eropa 2016. Belgia akan berhadapan dengan Italia pada hari Selasa (14/6/2016) dini hari WIB.

Laga ini diprediksi akan sangat krusial menentukan siapa yang akan menjadi juara Grup E. Karenanya UEFA memilih memakai wasit berpengalaman untuk mengadili laga tersebut.

Baca Juga

  • Hattrick Messi Bawa Argentina ke Perempat Final Copa America
  • Ronaldo Klaim Sebagai Pemain Terbaik 2 Dekade Terakhir
  • Bos Repsol Honda Sambut Baik Perdamaian Rossi dan Marquez



Pilihan jatuh kepada wasit asal Inggris Mark Clattenburg. Pria 41 tahun itu sudah sangat berpengalaman memimpin laga panas. Belum lama ini Clattenburg dipercaya memimpin final Liga Champions antara Real Madrid melawan Atletico Madrid.

Clattenburg akan dibantu oleh Simon Beck dan Jake Collin sebagai asisten wasit. Sedangkan Anthony Taylor dan Andre Marriner menjadi wasit tambahan. Adapun wasit keempat dipercaya kepada Carlos Del Cerro dari Spanyol.

Meski sudah kenyang pengalaman, Clattenburg sendiri terkenal sebagai wasit kontroversial di Inggris. Salah satu yang mencolok perhatian adalah, ketika 2009 lalu. Clattenburg dilarang memimpin seluruh pertandingan di Inggris oleh Asosiasi pemain dan offisial pertandingan. Pencekalan tersebut diduga setelah Clattenburg mengirimkan pesan ancaman kepada kolega bisnisnya.

Clattenburg yang memiliki bisnis peralatan elektronik ketika itu disebut-sebut memiliki utang sebesar 175 ribu poundsterling. Ketika itu, dia harus menjalani hukuman selama 9 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.