Sukses

6 Fakta Menarik Pemakaman Muhammad Ali

Ali dimakamkan Jumat 10 Juni waktu setempat.

Liputan6.com, Louisville- Petinju legendaris Muhammad Ali dimakamkan Jumat (10/6/2016) waktu setempat atau Sabtu (11/6/2016) dini hari WIB. Puluhan ribu orang memadati pemakaman Ali di kota kelahirannya Lousiville, Kentucky, Amerika Serikat.

Baca Juga

  • Alfred Riedl Resmi Latih Timnas Indonesia
  • Mourinho Latih MU, Nani Balik ke Old Trafford
  • Persib Dibayangi Catatan Awal Musim yang Buruk


Jenazah Ali dibawa berkeliling kota Louisville dengan melewati rumah masa kecilnya, Pusat Warisan Budaya Afrika-Amerika hingga Muhammad Ali Boulevard sebelum dimakamkan di Pemakaman Cave Hill.

Ketika iring-iringan mobil yang membawa peti jenazah Ali lewat, orang-orang yang memadati bahu jalan ramai-ramai memekikkan, "Ali, Ali", serta melambaikan tangan.

Pemakaman Ali memang dilakukan sesuai tuntutan Islam, namun tokoh lintas agama mulai dari Nasrani, Buddha hingga Yahudi turut memberikan eulogi dalam upacara pemakaham Ali.

Berikut fakta-fakta menarik pemakaman Muhammad Ali:

- Mike Tyson, Lennox Lewix hingga Will Smith mendapat kehormatan mengangkat peti jenazah Muhammad Ali.

- Presiden Amerika Serikat Barack Obama tidak bisa menghadiri pemakaman Ali karena harus menghadiri kelulusan putrinya Malia.

- Mantan Presiden Amerika Bill Clinton termasuk salah satu tokoh yang memberikan eulogi di pemakaman Ali.

- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan batal menghadiri pemakaman Ali. Erdogan hanya langsung balik ke negaranya tak lama usai mengikuti salat jenazah. Diduga Erdogan cabut karena kecewa dengan panitia pemakaman Ali.

- Acara memorial untuk Ali digelar di KFC Yum! Louisville. 10 ribu orang diperkirakan akan memadati acara memorial tersebut.

- Beberapa tokoh besar yang hadir di acara memorial antara lain Arnold Scwarzenegger, promotor tinju Don King, Sugar Ray Leonard, Lennox Lewis, Evander Holyfield, George Foreman hingga mantan bintang NBA Kareem Abdul-Jabbar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.