Sukses

PSM Vs Arema: Laga Emosional Rene Alberts

Robert Rene Alberts akan menjalani laga debut di PSM melawan mantan timnya, Arema Cronus.

Liputan6.com, Makassar - PSM Makassar menjamu Arema Cronus pada pekan ke-6 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo di Stadion Andi Matalatta, Minggu (12/6/2016) malam WIB. Laga ini sangat emosional bagi peatih anyar Juku Eja, Robert Rene Albert yang akan menghadapi bekas anak asuhnya.

Albert tercatat sempat menjadi juru racik taktik Singo Edan pada gelaran Indonesia Super League 2009-2010. Pada musim itu, pelatih asal Belanda ini berhasil mempersembahkan trofi juara ISL kepada klub kebanggaan kota Malang tersebut. 

Baca Juga

  • 6 Fans Irlandia Luka-luka Setelah Terlibat Bentrok di Nice
  • Kata Gareth Bale Usai Wales Bungkam Slovakia
  • Bentrok Suporter Inggris-Rusia, Istri Vardy Kena Getahnya

Laga melawan Arema menjadi sangat emosional bagi Albert. Sebab, tak hanya melawan mantan klub, Albert juga akan menghadapi mantan anak asuhnya yang saat ini masih bermain di Arema. 

Tercatat Kurnia Meiga, John Alfarizie hingga Juan Revi adalah pemain-pemain yang berhasil diorbitkan oleh Alberts menjadi pemain papan atas di Indonesia. Meski begitu, bukan berarti Alberts akan menyerah begitu saja menghadapi klub yang telah membesarkan namanya tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Terjebak Nostalgia

Tapi Alberts tidak ingin terjebak nostalgia. Pelatih asal Belanda ini tetap profesional. Dia menerapkan latihan di malam hari untuk mensiasati bulan Ramadan. Alasannya, selain menghormati pemain yang berpuasa, diharapkan pemain bisa cepat beradaptasi dengan pertandingan malam mengingat beberapa laga ke depan cukup banyak laga yang digelar pada malam hari.

Membedah kekuatan Arema, Alberts menilai lini tengah memainkan peran sentral dalam pertandingan nanti. "Arema tangguh di tengah, kuat ketika menyerang dan bertahan, ditambah kedisplinan permainan yang tinggi," ujar sang pelatih.

Selain itu, Alberts juga bisa sedikit percaya diri untuk mengalahkan Arema karena PSM memiliki rekor kemenangan 100 persen saat menggelar pertandingan kandang. Tercatat PSM meraih dua kemenangan atas Persela Lamongan (2-1) dan Barito Putera (1-0). 

Pada laga nanti PSM minus dua pemain asingnya Paulo Martins dan Lamine Diarrasouba yang masih dibekap cedera.  Bila berhasil meraih tiga poin bukan tidak mungkin PSM yang saat ini berada di peringkat ke-10 dengan koleksi tujuh poin bakal melesat ke papan atas klasemen.

3 dari 3 halaman

Gonzales Pulih

Beralih ke kubu tamu, Arema yang kini sedang dibekap badai cedera justru berada dalam kondisi siap tempur. Hamka Hamzah dkk berada dalam kepercayaan diri tinggi menyusul kemenangan 3-1 atas Gresik United di Stadion Kanjuruhan pada laga terakhir.

Namun, skuat asuhan Milomir Seslija ini dipastikan tak akan diperkuat dua pemain muda Syaiful Indra Cahya dan Antoni Putro yang mengalami cedera. Sementara kondisi penyerang gaek Cristian Gonzales perlahan sudah membaik namun masih diragukan turun kontra PSM. Hanya Goran Gancev dan Kurnia Meiga yang telah pulih dan bisa turun sejak menit pertama.

Meski begitu, pulihnya Gonzales menjadi kabar baik buat Arema di bulan Ramadan ini. Sebab laga tandang melawan PSM Makassar sangat penting lantaran Singo Edan butuh poin penuh untuk mempertahankan puncak klasemen sementara.

Pemain naturalisasi Indonesia dari Uruguay itu sudah bisa berlatih bersama rekan-rekannya. Fisioterapis Arema, David Setiawan menilai, El Loco memiliki niat besar untuk pulih dari cedera tulang rusuk yang didapat dari laga kontra Persiba Balikpapan.

"Saya harus angkat jempol untuk el Loco, mentalnya sangat baik, tidak mudah jatuh ketika mengalami cedera. Saya kagum, karena keinginannya untuk sembuh sangat besar. Dia berinisiatif untuk berobat sendiri, dan hasilnya positif," ujar fisioterapis Arema, David Setiawan, dikutip dari laman Wearemania. (Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

Prakiraan susunan pemain:

PSM Makassar (4-4-2): Dimas Galih; Ahmad Sumardi, Boman Aime, Ardan Aras, Erik Setiawan, Samsul Chaeruddin, Alex, Ferdinand Sinaga, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Maldini Pali

Arema Cronus (4-2-3-1): Kurnia Meiga, Jon Alfarizie, Goran Gancev, Hamka Hamzah, Beny Wahyudi, Raphael Maitimo, Juan Revi, Srdan Lopicic, Esteban Vizcarra, Ahmad Nufiandani, Giron Marulanda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.