Sukses

Gaya Kick Off Aneh Spanyol Vs Ceko

Tak seperti biasanya, dimana 2 pemain berdiri di titik tengah lapangan. Pada pertandingan tersebut hanya satu pemain yang melakukan kick off

Liputan6.com, Jakarta - Kick off di laga Spanyol melawan Republik Ceko menjadi sorotan publik. Banyak yang heran melihat cara kedua tim melakukan tendangan permulaan.

Baca Juga

  • Aksi Menjijikkan Pelatih Jerman di Euro 2016 Tertangkap Kamera
  • Stoner Bicara Persaingan Juara MotoGP Musim 2016
  • Kelemahan Rossi di Mata Pedrosa

Tidak seperti biasanya, dimana ada dua pemain yang berdiri di titik tengah lapangan. Pada pertandingan tersebut hanya satu pemain yang melakukan kick off.

Dimulai dengan Alvaro Morata pada babak pertama. Dia sendirian melakukan tendangan tersebut. Penyerang Juventus itu langsung mengoper si kulit bundar ke arah belakang.

Wasit menganggap tindakan itu sah. Padahal, lazimnya jika seorang pemain langsung memberikan bola ke belakang, sebelum bola bergulir memasuki area lawan, maka sang pengadil lapangan akan menyatakan harus diulang.

Tapi pemain atau wasit tahu apa yang mereka lakukan. Sesuai regulasi baru International Football Association Board (IFAB), yang dilakukan Morata tersebut memang sudah semestinya.

IFAB pada April lalu mengubah sejumlah aturan, salah satunya tentang kick off. Mulai sekarang, pemain boleh melakukan tendangan permulaan ke arah mana saja untuk memulai sebuah laga, seperti dikutip Daily Mail.

Sebenarnya Spanyol bukan yang pertama menerapkan kick off gaya baru itu. Steven Davis dari Irlandia Utara sudah lebih dulu melakukannya saat menghadapi Polandia pada Minggu, 12 Juni 2016 kemarin.
Timnas Spanyol (AFP/PASCAL GUYOT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini