Sukses

Barcelona Bayar Denda, Neymar Pemain Termahal di Dunia

Nilai transfer Neymar melonjak tinggi.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona sepakat untuk membayar denda sebesar 5 juta euro (Rp 74,9 Miliar) kepada otoritas pajak Spanyol atas ketidakberesan dari transfer Neymar di 2013 lalu. Denda ini membuat Neymar resmi menjadi pemain termahal di dunia.

Baca Juga

  • Gaya Kick Off Aneh Spanyol Vs Ceko
  • Rio Haryanto Keluhkan Lambatnya Pit Stop Tim Manor
  • 5 Fakta Menarik Belgia Vs Italia

Dari semula disebut hanya dibeli 57,1 juta euro oleh Eks Presiden Barcelona, Sandro Rosell, kini transfernya naik dua kali lipat menjadi 111,2 juta euro (Rp 1,6 triliun). Ini mengalahkan transfer Gareth Bale dan juga Cristiano Ronaldo yang masih dibayar 100 juta euro.

Seperti dilansir Marca, jumlah itu belum mencakup gaji Neymar yang boleh jadi membuatnya menjadi lebih mahal. Sejak 2014, skandal transfer Neymar terus digoyang oleh salah satu member klub, Jordi Cases.

Buntutnya, eks Presiden Sandro Rosell mundur gara-gara terdesak tuduhan penyalahgunaan dana. Marca menyebutkan, transfer Neymar pada awalnya naik menjadi 86,2 juta euro.

Rinciannya yaitu 7,9 juta euro untuk hak menolak tiga pemain Santos, 10 juta euro  untuk bonus, 2 juta euro untuk pemandu bakat, 4 juta euro untuk sponsor, 2,5 juta unutk yayasan amal Neymar dan 2,7 juta euro untuk bayar keagenan yang tak lain bapaknya sendiri.

Pada Februari 2014 digelar lagi sidang dan Barcelona membayar 13,5 juta euro. Ini membuat harga Neymar menjadi 99,7 juta euro. Sejak saat itu, Santos pun mulai kecipratan uang dari pejualan Neymar.

Santos mendapatkan 2 juta euro saat Neymar jadi finalis Ballon d'Or pada 2016 lalu. Lalu ada tambahan 4,5 juta euro karena Barcelona urung gelar laga persahabatan melawan Santos. Jadi totalnya berjumlah 111,2 juta euro.

Ditambah gaji Neymar selama tiga musim kemarin, nilai transfer Neymar kini bernilai 136,7 juta euro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Neymar

Video Terkini