Sukses

Gabor Kiraly, Pemain Tertua Piala Eropa Bergaya Jadul

Kiraly memang bukan kiper terkenal seperti Gianluigi Buffon, Manuel Neuer, atau David De Gea.

Liputan6.com, Bordeaux - Siapa yang menyangka pemegang status pemain tertua di Piala Eropa adalah seseorang dengan penampilan kuno, berkepala botak, dan tentu saja dengan postur yang sudah sedikit tambun. Faktanya, hal itu terjadi dalam Piala Eropa kali ini melalui sosok Gabor Kiraly.

Ya, Kiraly yang bermain dalam laga lawan Austria, Selasa (14/6/2016) memecahkan rekor legenda Jerman Lothar Matthaus yang turun ke lapangan pada usia 39 tahun dan 91 hari. Kiraly sendiri sudah berusia 40 tahun dan 75 hari dalam laga tadi malam.

Baca Juga

  • Suarez Ungkap Alasan Mengamuk di Bangku Cadangan
  • Ingin Tembus Zona Eropa, Milan Kejar Pellegrini?
  • Bentrok Suporter, Menteri Olahraga Rusia Salahkan Pihak Keamanan



Kiraly memang bukan kiper terkenal seperti Gianluigi Buffon, Manuel Neuer, hingga David De Gea. Namun di Hungaria, ia merupakan pemain legenda.

Sejauh ini ia merupakan pemegang koleksi caps terbanyak yakni 103 kali. Maklum, ia menjalani debutnya pada tahun 1998 melawan Austria dan sukses menyelamatkan satu penalti.

Satu hal yang menonjol dari eks kiper Crystal Palace itu adalah gaya berpakaiannya yang jadul. Ia lebih memilih memakai celana joging jadul ketimbang celana pendek seperti halnya kiper di era modern.

Dan bukan celana joging warna hitam pula yang dipilihnya. Melainkan warna abu-abu baik saat dia membela timnas atau klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Celana Joging Kesayangan

"Saya bukan seorang top model, pekerjaan saya hanyalah menjaga gawang. Dan saya tidak nyaman jika tidak memakai celana joging," kata Kiraly seperti dilansir Sports Illustrated.

"Saya sudah memakai celana joging ini sejak tahun 1996. Soal warna abu-abu, sebenarnya tidak sengaja karena celana hitam saya belum dicuci. Namun sejak saya pakai klub saya selalu menang dan tidak jadi terdegradasi, jadi ini takkan saya ganti."

Penampilan Kiraly sama sekali tidak mengecewakan. Ia mementahkan sejumlah peluang pemain Austria dan membawa Hungaria meraih kemenangan pertama di Piala Eropa sejak 52 tahun lalu.

"Banyak fans dari klub yang saya bela memakai celana joging yang sama saat ke stadion. Bahkan toko merchandise klub sempat kehabisan stok," katanya tertawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini