Sukses

Daftar Rekor yang Berpotensi Pecah di Piala Eropa 2016

Tim juara terbanyak dan top scorer Piala Eropa sepanjang masa amat mungkin lahir di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Paris - Pertandingan perdana penyisihan grup Piala Eropa 2016 telah selesai bergulir. Berbagai kejutan lahir dan akan banyak potensi rekor yang dapat dipecahkan dalam turnamen sepak bola antarnegara Eropa kali ini.

Dengan jumlah peserta yang bertambah menjadi 24 tim, gol-gol diprediksi juga akan banyak lahir. Turnamen empat tahunan ini turut menjadi target Spanyol yang berniat hattrick juara secara berturut-turut.

Baca Juga

  • Sindir Timnas Inggris, Pelatih Wales Bela Bale
  • Ibrahimovic Sudah Dijadwalkan Tes Medis di MU
  • Jamie Vardy Gunakan Suplemen Terlarang di Euro 2016?

Pada edisi Piala Eropa ke-15 ini, tiga negara yang pernah menjadi juara, Belanda, Yunani, dan Denmark tidak lolos ke putaran final. Tapi, masih ada tim-tim unggulan seperti Spanyol, Jerman, Prancis, dan Italia.  

Selain itu, individu-individu maupun tim bersiap mengejar rekor Piala Eropa yang selama ini belum terpecahkan. Hal ini bisa menjadi motivasi tambahan bagi para kontestan untuk memberikan yang terbaik. Berikut daftar rekor yang berpotensi pecah pada Piala Eropa 2016:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Top scorer Piala Eropa Sepanjang Masa

1. Top scorer Piala Eropa Sepanjang Masa

Hingga hari ini, top scorer atau pencetak gol terbanyak Piala Eropa masih menjadi milik legenda Prancis, Michel Platini. Jumlah gol Platini mencapai sembilan gol di Piala Eropa.

Menariknya, jumlah sembilan gol tersebut dia ciptakan hanya dalam satu edisi Piala Eropa. Kala itu, Platini juga membawa Prancis juara Piala Eropa 1984 dengan mengalahkan Spanyol di final.

Saat ini, ada dua pemain yang berpotensi menyamai atau memecahkan rekor pencetak gol terbanyak Piala Eropa. Mesin gol Swedia, Zlatan Ibrahimovic dan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, kini sudah mencetak enam gol selama penampilan mereka di Piala Eropa.

Artinya, hanya butuh tiga gol untuk Ibrahimovic dan Ronaldo menyamai jumlah gol Platini. Untuk memperbesar peluang menambah gol, tentu Ibrahimovic atau Ronaldo mesti membawa negara mereka melaju sejauh mungkin di Piala Eropa 2016.

3 dari 6 halaman

Tim Juara Piala Eropa Terbanyak

2. Tim Juara Piala Eropa Terbanyak

Jerman dan Spanyol saat ini masih pemegang rekor tim terbanyak yang menjadi juara di Piala Eropa. Der Panzer dan La Roja sama-sama mengoleksi tiga gelar Piala Eropa.

Di Piala Eropa 2016, Jerman dan Spanyol bertekad untuk menambah koleksi trofi turnamen sepak bola antarnegara Eropa tersebut. Siapa pun di antara kedua tim itu yang mampu juara tahun ini, mereka menjadi tim pemegang juara Piala Eropa terbanyak.

Namun, jika bukan Spanyol dan Jerman yang juara, Prancis berpotensi menyamai koleksi mereka. Sekarang, Les Bleus sudah dua kali juara Piala Eropa, dan sebagai tuan rumah, Prancis amat berpeluang mengangkat trofi ketiga mereka.

4 dari 6 halaman

Tim Runner up Piala Eropa Terbanyak

3. Tim Runner up Piala Eropa Terbanyak

Jika Jerman dan Spanyol berebut tempat sebagai tim juara Piala Eropa terbanyak, ada rekor unik lain yang berpotensi pecah. yang menarik, Jerman juga masuk dalam daftar ini.

Der Panzer sejauh ini sudah tiga kali mencicipi pahitnya hanya menjadi runner up Piala Eropa. Tiga kali kegagalan di final itu terjadi pada Piala Eropa 1976, 1992, dan 2008.

Apabila pasukan Joachim Loew kembali masuk final tapi gagal juara, maka Jerman akan merasakan empat kali jadi runner up Piala Eropa. Di sisi lain, Italia sudah dua kali mengakhiri Piala Eropa dengan status runner up.

5 dari 6 halaman

Tim dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala Eropa

4. Tim dengan Jumlah Gol Terbanyak di Piala Eropa

Prancis masih memegang rekor tim dengan jumlah gol terbanyak di Piala Eropa dengan 14 gol. Rekor itu Prancis buat pada Piala Eropa 1984, di mana mereka menjadi juara.

Jika pada lima edisi sebelumnya, sebuah tim maksimal tampil sebanyak enam kali di Piala Eropa. Kali ini, dengan format baru, maksimal satu tim bisa bermain hingga tujuh pertandingan.

Fakta ini memperbesar peluang sebuah tim mencetak gol lebih banyak. Bukan tidak mungkin pula rekor 14 gol milik Prancis bakal pecah di Piala Eropa 2016.

6 dari 6 halaman

Piala Eropa dengan Jumlah Gol Terbanyak

5. Piala Eropa dengan Jumlah Gol Terbanyak

Penambahan kontestan di Piala Eropa 2016 menjadi 24 tim berpotensi memecahkan berbagai rekor. Salah satu rekornya adalah terciptanya jumlah gol terbanyak dalam satu edisi Piala Eropa.  

Piala Eropa 2000 tercatat melahirkan gol terbanyak dengan 85 gol. Catatan itu berdasarkan turnamen sepak bola antarnegara Eropa pada lima edisi terakhir.

Tentu dengan 24 tim yang ambil bagian, potensi lahirnya banyak gol lebih besar. Piala Eropa 2016 juga akan bisa dikenang sebagai edisi yang paling produktif selama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.