Sukses

Deretan Fakta Menarik Gim Tujuh NBA Finals

Besok pagi, Cavaliers akan dijamu Warriors.

Liputan6.com, Jakarta- Final NBA 2015/2016 antara juara bertahan Golden State Warriors dengan Cleveland Cavaliers berlangsung alot. Penentuan siapa yang menjadi juara harus berlangsung hingga gim ketujuh.

Partai penentuan ini akan berlangsung Senin (20/6/2016) pukul 07.00 WIB. Sebagai pemegang rekor terbaik di musim reguler, Warriors mendapat keuntungan untuk memainkan laga ketujuh di kandang mereka, ORACLE Arena.

Baca Juga

  • 4 Fakta Menarik di Balik Lolosnya Argentina ke Semifinal
  • Isco Terseret Kasus Pelecehan Seks De Gea di Pengadilan
  • Top 3 Berita Bola: Piala Eropa dan Duet Yamaha Populer


Beban berat berada di pundak bintang Cavaliers, LeBron James. Dia belum pernah berhasil membawa Cavaliers menjadi juara NBA. Sepanjang sejarah, Cavaliers tak pernah sekalipun pernah merasakan gelar juara NBA.

Andai Cavaliers juara, LeBron cs akan mencatatkan sejarah baru. Belum pernah ada tim yang bisa menjadi juara setelah tertinggal 1-3.

Jika Warriors yang menjadi juara, maka merupakan gelar juara kelima mereka. Warriors akan menyamai San Antonio Spurs sebagai peringkat empat klub paling sering juara.

Sebelum dimulainya gim ketujuh final NBA, Liputan6.com menyajikan beberapa fakta menarik lainnya. Simak ulasan selengkapnya di halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta

- Sepanjang sejarah final NBA, sudah ada 18 kali penentuan siapa yang menjadi juara berlangsung sampai gim ketujuh. Pertemuan Cavs dengan Warriors merupakan kali ke-19 final berlanjut sampai tujuh pertandingan.

- Sejauh ini tim tuan rumah lebih sering memenangi gim ketujuh final NBA. 83 persen atau 15 kali tuan rumah menjadi juara saat final berlangsung sampai tujuh laga.

- Tim tamu terakhir yang memenangi gim ketujuh final NBA adalah Washington Bullets. Namun kejadian tersebut sudah sangat lama yakni di tahun 1978. Bullets mengalahkan Seattle Supersonics 105-99.

- Jika Warriors menjadi juara maka shooting guard Klay Thompson dan ayahnya Mychal akan menjadi pasangan ayah-anak kedua dalam sejarah yang bisa menjuarai NBA. Mychal pernah juara NBA bersama Los Angeles Lakers di tahun 1987 dan 1988. Pasangan ayah-anak pertama yang bisa mengawinkan gelar adalah Bill dan Luke Walton. Yang lebih spesial Klay akan menjadi juara tepat di Hari Ayah.

- Pelatih Warriors Steve Kerr bakal menyamai prestasi John Kundla sebagai pelatih kedua dalam sejarah NBA yang selalu menjadi juara dalam dua musim awal karier kepelatihan di NBA. Kundla melakukannya bersama Minneapolis Lakers di tahun 1948 dan 1949.

- Arsitek Cavaliers Tyronn Lue akan menyusul Kerr sebagai pelatih debutan yang bisa langsung juara di musim perdananya.

- LeBron dan Kyrie Irving akan mengikuti jejak dua pemain San Antonio Spurs (Tim Duncan dan David Robinson) sebagai draft pilihan pertama yang mampu menjadi juara bersama tim yang membawa mereka masuk NBA.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini