Sukses

Bantai Rusia, Wales Lolos Sebagai Juara Grup B

Wales sukses menggusur posisi Inggris di puncak klasemen.

Liputan6.com, Toulouse - Wales sukses memastikan diri tampil di perdelapan final Piala Eropa 2016. Itu berkat kemenangan 3-0 atas Rusia di Stade Velodrome, Selasa (21/6/2016) dinihari. Bahkan, mereka sukses menggusur Inggris untuk jadi juara Grup B.

Laga babak pertama memang mutlak menjadi milik Wales. Mereka jauh lebih banyak dalam menciptakan peluang jika dibandingkan Rusia. Serangan yang dibangun Wales lewat Aaron Ramsey, Gareth Bale, Joe Allen terbukti efektif merepotkan lini belakang Rusia.

Baca Juga

  • Suporter Berulah di Euro 2016, Kroasia Tekor 100 Ribu Euro
  • Petik Pelajaran di Baku, Sean Gelael Fokus ke Austria
  • Rio Haryanto Ungkap Kendala Terbesar Membalap di F1

Tak heran jika Wales begitu mudah mencetak keunggulan 2-0 di babak pertama. Gol pertama Wales dicetak Ramsey setelah mengkonversi umpan Allen. Sembilan menit kemudian, giliran Neil Taylor yang menggandakan keunggulan Wales.

Selebrasi pemain Wales setelah gol Neil Taylor ke gawang Rusia pada laga Piala Eropa 2016, Selasa (21/6/2016). (MARTIN BUREAU / AFP)

Unggul 2-0 di babak pertama membuat Wales tampil lebih tenang. Mereka justru lebih banyak menunggu Rusia melakukan kesalahan untuk melancarkan serangan balik. Strategi itu terbukti jitu. Di menit 55, mereka sudah mendapatkan peluang emas lewat Bale. Sayang, sepakannya masih mengenai kaki kiper Igor Akinfeev.

Ketika kembali mendapatkan peluang di menit 67, Bale tak menyia-nyiakannya. Berawal dari skema serangan balik, Bale yang lolos jebakan offside saat menerima operan Ramsey dengan mudah menaklukkan Akinfeev.

Setelah unggul 3-0, pelatih Chris Coleman tampaknya ingin Wales lebih konsentrasi menjaga pertahanan. Indikasinya, ia menarik Allen di menit 74. Lalu, Coleman juga menghabiskan stok pergantian pemain dengan menarik Joseph Ledley dua menit kemudian dan Bale di menit 83.

Sejak itu, tempo permainan pun berjalan sedikit membosankan. Sebab, hanya Rusia yang terlihat masih berniat melanjutkan pertandingan. Sedangkan Wales hanya lebih banyak melakukan operan-operan di lapangan tengah.

Taktik itu terbukti efektif. Keunggulan Wales tetap bertahan hingga laga bubar. Mereka pun berhak melanjutkan petualangan ke perdelapan final. Bahkan, Wales didaulat sebagai juara Grup B setelah menggusur posisi Inggris yang ditahan Slovakia 0-0.

Sekadar catatan, Piala Eropa 2016 adalah petualangan perdana bagi Wales. Sebelumnya, mereka tak pernah tampil di putaran final Piala Eropa karena selalu kandas di kualifikasi. Tak heran jika ada beberapa suporter Wales yang menangis terharu dengan kesuksesan ini.

Susunan pemain:

Rusia (4-4-1-1): Akinfeev; V Berezutski (A Berezutski 46), Ignashevich, Smolnikov, Kombarov, Shirokov (Golovin 52), Mamaev, Glushakov, Smolov (Samedov 70), Kokorin, Dzyuba

Wales (3-4-3): Hennessey; Gunter, Taylor, Williams, Chester, Davies, Bale (Chruch 83), Ledley (King 76), Allen (Edwards 74), Ramsey, Vokes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini