Sukses

Ukir Sejarah, Wales Siap Ciptakan Kejutan di Euro 2016

Wales adalah tim yang berstatus debutan di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Toulouse - Baru melakoni debutnya di Piala Eropa, Wales langsung mengukir sejarah dengan lolos dari fase grup. Seusai kemenangan 3-0 atas Rusia, Chris Coleman pun yakin Wales akan kembali menciptakan kejutan di Piala Eropa 2016.

Wales benar-benar membuktikan diri bahwa mereka tak ingin sekadar numpang lewat di Piala Eropa 2016. Meski berstatus debutan, terbukti Wales mampu menciptakan kejutan. Sebelumnya, langkah Wales di Piala Eropa selalu terhenti di kualifikasi.

Baca Juga

  • Kostum Terbaru MU Kembali Bocor ke Publik, Seperti Apa Modelnya?
  • Suporter Berulah di Euro 2016, Kroasia Tekor 100 Ribu Euro
  • Petik Pelajaran di Baku, Sean Gelael Fokus ke Austria

Puncak dari kehebatan Wales terlihat saat menghadapi Rusia pada laga pamungkas Grup B di Stadium Municipal, Toulouse, Selasa (21/6/2016) dinihari. Tanpa ampun mereka mempermalukan Rusia tiga gol tanpa balas.

Wales yang membutuhkan poin langsung menerapkan permainan atraktif sejak menit awal. Kolaborasi kecepatan Gareth Bale, Joe Allen, dan Aaron Ramsey berulang kali membuat lini belakang Rusia pontang-panting. Ketiga pemain itu pun menunjukkan kontribusinya pada tiga gol Wales.

Gol pertama yang dicetak Ramsey tak lepas dari assist cantik Allen di menit 11. Lalu, Ramsey juga menciptakan assist yang dimaksimalkan Bale di menit 67. Satu gol lain Wales dibukukan Neil Taylor di menit 20. Bale pula yang menjadi kreator di balik gol tersebut.

"Itu tiga poin yang fantastis bagi kami, tapi kinerja lebih manis dari raihan poin. Para pemain beraksi dengan berani. Mereka melakukan segala sesuatu yang mereka mampu untuk menguasa bola. Kami tak melakukan hal itu saat melawan Inggris," tutur Coleman seperti dikutip Soccerway.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanpa Rasa Takut


Berkat kemenangan atas Rusia, The Dragons -julukan Wales- pun berhak memuncaki klasemen Grup B. Koleksi enam poin mereka membuat Inggris tergusur ke posisi kedua. Sebelum menghadapi Rusia, Wales meraup tiga poin hasil kemenangan 2-1 atas Slovakia dan kalah 1-2 dari Inggris.

Kini, Wales akan menghadapi tantangan yang lebih berat di perdelapan final. Mereka akan bertemu tim urutan ketiga Grup A/C/D. Mengenai hal itu, Coleman yakin pasukannya akan kembali menciptakan kejutan dengan lolos ke babak berikutnya.

Selebrasi pemain Wales setelah gol Neil Taylor ke gawang Rusia pada laga Piala Eropa 2016, Selasa (21/6/2016). (MARTIN BUREAU / AFP)

"Saya sudah mengatakan sebelumnya, akan ada lagi yang datang dari tim ini. Ini adalah tim dengan pemain dalam jalan menuju kesuksesan. Ini hanya bagian dari perjalanan mereka, saya, dan staf pelatih. Kita memang harus melihat lawan selanjutnya. Tapi, seperti yang kami katakan sejak awal, kami bermain tanpa rasa takut," kata Coleman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.