Sukses

Data dan Fakta Menarik MotoGP Belanda: Rossi Raja Sirkuit Assen

Valentino Rossi 8 kali juara di semua kelas MotoGP di sirkuit Assen

Liputan6.com, Assen - Perhelatan MotoGP 2016 berlanjut ke sirkuit Assen, Belanda, Minggu, (26/6/2016). Sirkuit ini ikut menjadi saksi bisu rivalitas dua rider, Valentino Rossi dan Marc Marquez. Musim lalu, Rossi memotong jalur Marquez. Meski tidak ada sanksi untuk Rossi maupun Marquez, tapi percik perselisihan kedua pembalap mulai dari sini. 

Valentino Rossi dan Marquez di Assen musim 2015

Terlepas dari masalah tersebut, Rossi menjadi Raja di Negeri Kincir Angin. Total, Rossi telah merebut 8 kali kemenangan selama karier balapnya di semua kelas. Yamaha menjadi pabrikan Jepang yang sukses di salah satu sirkuit legendaris ini.

 

Baca Juga

  • Prediksi Kroasia Vs Spanyol: Demi Singgasana
  • Helm Valentino Rossi di Misano Bikin 'Geger' Media Sosial
  • Bertemu FIFA dan AFC, PSSI Pastikan Jadwal KLB

 

Meski terletak di Belanda, hanya satu pembalap tuan rumah yang meraih podium di sirkuit ini, yaitu Wilco  Zeelenberg. Dia menempati posisi 3 dalam balapan 250cc pada 1994. Berikut beberapa data dan fakta lain seputar balapan di sirkuit Assen, Belanda sebagaimana dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Data dan Fakta MotoGP Belanda

 

1. Assen menjadi satu-satunya trek yang rutin menghelat Grand Prix setiap tahun sejak pertama kali Grand Prix digelar pada 1949. 

2. Sirkuit Assen yang orisinal digunakan sampai musim 1954 dan memiliki panjang lintasan 16,54 km. Namun pada 1955, lintasan tersebut dipangkas hingga 7,7 km dan berubah bentuk sehingga panjang lintasannya secara keseluruhan menjadi 6,1 km. Hingga kini bentuk sirkuit tidak mengalami perubahan sejak 2006 dengan beberapa penyesuaian.

Sirkuit Assen

3. Musim 1950, di kelas 500cc balapan terlama sepanjang sejarah terjadi di sirkuit ini. Dengan total balapan sepanjang 298 km dengan waktu 2 jam 43,2 detik. Umberto Masetti yang menggeber Gilera keluar sebagai pemenang dalam balapan itu.

4. Kejadian dramatis juga terjadi di kelas 500cc pada 1975. Ketika itu, dua pembalap Barry Sheene dan Giacomo Agostini menyentuh garis finis secara bersamaan sehingga petugas pencatat waktu menuliskan waktu finis kedua pembalap secara bersamaan. Ketika itu, pencatatan waktu masih menggunakan metode manual.

Valentino Rossi

5. Yamaha menjadi pabrikan tersukses di Assen di era mesin 4-tak dengan meraih tujuh kemenangan, sedangkan Honda meraih lima kemenangan. Sedangkan, pabrikan asal Eropa, Ducati meraih satu kemenangan pada 2008.

6. Valentino Rossi merupakan rider yang sukses mempertahankan gelar juara di Assen secara berturut-turut. Pembalap berjuluk The Doctor ini meraih kemenangan dua musim beruntun pada 2004 dan 2005. Rossi merebut 8 kemenangan, enam kemenangan di MotoGP dan masing-masing satu di kelas 250cc dan 125cc.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini