Sukses

Ramos Gagal Penalti, Kroasia Bungkam Spanyol

Kroasia sukses menjadi pemuncak klasemen Grup D Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Bordeaux - Kroasia sukses menjadi pemuncak klasemen Grup D Piala Eropa 2016. Di laga terakhir, Vatreni (julukan Kroasia) menang 2-1 atas Spanyol, dalam laga yang digelar Selasa (21/6/2016) di Stade Matmut Atlantique.

Spanyol sebenarnya tampil tertekan di awal pertandingan. Dominasi justru dipegang Kroasia yang sempat membuat peluang.

Baca Juga

  • Wenger: Arsenal Hanya Beli 3 Pemain Baru
  • Rio Haryanto Ungkap Kendala Terbesar Membalap di F1
  • Mourinho Datang, 5 Pemain MU Ini Bakal Bersinar Lagi



Namun pada menit kelima La Furia Roja membuka keunggulan melalui Alvaro Morata. Ia memanfaatkan umpan silang dari Cesc Fabregas.

Unggul satu gol membuat Spanyol bangkit. Perlahan mereka mulai menguasai permainan dan membuat Kroasia tidak berkembang.

Namun Kroasia punya peluang emas pada menit ke-13. Kesalahan David De Gea membuat Ivan Rakitic mampu mencongkel bola ke gawang yang kosong. Sayangnya, peluang itu masih terhenti oleh mistar gawang.

Spanyol kembali punya peluang pada menit ke-22 melalui David Silva. Tetapi tendangan kerasnya masih bisa ditepis Danijel Subasic.

Nolito punya peluang pada menit ke-27. Tetapi tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau bek Kroasia.

Kedua tim silih berganti melakukan serangan dan menciptakan peluang. Dan akhirnya Kroasia membuat kedudukan imbang 1-1 melalui Nikola Kalinic pada injury time. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak kedua

Babak kedua diawali Spanyol dengan peluang dari Juanfran pada menit ke-46. Tetapi tendangan bek kanan Atletico Madrid itu masih melambung di atas gawang.

Morata punya peluang emas pada menit ke-53. Namun sontekannya memanfaatkan umpan Jordi Alba masih menyamping gawang Kroasia.

Kroasia baru punya peluang empat menit kemudian melalui kemelut di depan gawang Spanyol. Namun tendangan salto Marko Pjaca masih jauh dari sasaran.

Pada menit ke-66 Sergio Ramos nyaris membawa Spanyol unggul. Namun sundulannya melenceng tipis ke samping kanan gawang Kroasia.

Spanyol mendapat hadiah penalti pada menit ke-70 setelah David Silva dijatuhkan di kotak terlarang. Sayangnya, Ramos yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugas setelah tendangan kerasnya diblok Subasic.

Keasyikan menyerang membuat Spanyol lengah. Melalui serangan balik, Kroasia mampu berbalik unggul melalui Ivan Perisic pada menit ke-87. Ia memanfaatkan umpan terobosan dari Kalinic.

Kedudukan 2-1 tak berubah hingga akhir laga. Meski Spanyol kalah, mereka tetap lolos bersama Kroasia ke babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Spanyol: De Gea; Juanfran, Ramos, Piqué, Alba; Busquets, Iniesta, Fábregas/ Thiago (83); Silva, Nolito/ Bruno (62), Morata/ Aduriz (68).

Kroasia: Subasic; Srna, Corluka, Jedvaj, Vrsaljko; Rog/ Kovacic (81), Badelj; Perisic/ Kramaric (93), Rakitic, Pjaca/ Cop (91); Kalinic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini