Sukses

Pelatih Legendaris Persija Bicara soal Rivalitas dengan Persib

Rivalitas kedua tim masih sangat membekas di ingatan Om Hen.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta dan Persib Bandung dikenal sebagai rival di sepak bola Indonesia. Hal itu lantaran kedua tim punya sejarah panjang di panggung sepak bola nasional.

Baik Persija dan Persib sama-sama tim besar. Tak kala keduanya bertemu, emosi dan semangat untuk saling mengalahkan sering menjalar ke suporter kedua tim, Jakmania di sisi Persija dan Viking di sisi Persib Bandung.

Baca Juga

  • Sirkuit Assen Cocok dengan Gaya Membalap Marquez
  • Modric Dalang Kegagalan Penalti Sergio Ramos
  • Sriwijaya FC dan PBFC Catatkan Kemenangan Terbesar

Rivalitas kedua tim itu  masih membekas di ingatan pelatih legendaris Persija, Sugih Hendarto. Pria yang akrab disapa Opa Hen ini pun punya cerita sendiri soal perseteruan Persija dan Persib.

"Dari dulu itu (rivalitas Persija Vs Persib). Kalau kita main ke Bandung. Kita baru sampai sudah ditimpuk pakai batu-batu kecil. Nanti polisinya bilang 'ulah-ulah kitu'," kata Opa Hen saat ditemui di kediamannya di Cibitung, Jawa Barat, Rabu (22/6/2016).

"Cuma dulu belum ada Jakmania di Persija dan Viking di Persib Bandung," Om Hen, yang aktif melatih Perisja di era 1980-an, mengenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenangan Siliwangi

Salah satu cerita lain yang cukup membekas di benak Opa Hen adalah ketika penonton membludak di Stadion Siliwangi, Jawa Barat. Ketika itu, Persija akan melawan Persib yang diperkuat legenda mereka saat ini seperti Ajat Sudrajat, Robby Darwis, dan Yusuf Bachtiar.

Animo yang luar biasa membuat penonton memadati stadion hingga pinggir lapangan. Panitia pun sudah berdiskusi dengan Ketua Umum Persija saat itu, Todung Barita Lumbanraja. Panitia mempersilakan apabila Persija tidak ingin bermain dalam pertandingan tersebut.

Namun, jawaban Todung di luar dugaan. "Todung bilang apa, ah saya demen yang begini nih pak. Main kita," kata Opa Hen. Pertandingan saat itu kemudian berakhir dengan skor 0-0.

Tensi rivalitas Persija dan Persib sampai saat ini tak pernah menurun. Pasalnya, kedua tim kini memiliki suporter fanatik, yang tidak jarang mewarnai bentrokan kedua tim dengan kerusuhan suporter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini