Sukses

Memori Kelam Italia Hadapi Spanyol: Tumbang di 3 Turnamen Besar

Spanyol tampil sebagai runner-up grup D setelah memetik kekalahan 1-2 dari Kroasia.

Liputan6.com, Paris - Final kepagian antara Itala melawan Spanyol tersaji di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Duel ini berlangsung di Saint-Denis, Paris, (27/6/2016). Laga ini final ulangan Piala Eropa 2012.

Italia keluar sebagai juara grup E setelah memetik dua kali kemenangan Belgia dan Swedia. Sedangkan, Spanyol tampil sebagai runner-up grup D setelah memetik kekalahan 1-2 dari Kroasia. Dalam pertandingan tersebut, pemain Spanyol, Sergio Ramos gagal mengeksekusi penalti. Sebelum kekalahan tersebut, Spanyol memimpin klasemen grup.

 

Baca Juga

  • Pelatih Legendaris Persija Bicara soal Rivalitas dengan Persib
  • 5 Pemain Berbakat Disia-siakan Mourinho
  • 5 Bintang Piala Eropa yang Bakal Diboyong Madrid 

 

Pada final Piala Eropa 4 tahun lalu, Spanyol berhasil keluar sebagai juara setelah memetik kemenangan telak empat gol tanpa balas.  Kemenangan tersebut didapat berkat empat gol yang dicetak David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres dan Juan Mata. Sedangkan, Italia besutan Cesare Prandelli gagal mencetak gol.

Kedua kubu terakhir bertemu pada pertandingan persahabatan 2016. Ketika itu, Italia dan Spanyol bermain imbang 1-1 dalam pertandingan di Udine, (25/3/2016).

Namun dalam tiga partai di turnamen besar sejak 2008, Spanyol selalu lebih superior dari Gli Azzurri. Tercatat, Spanyol tiga kali mengalahkan Italia dalam dua turnamen besar. Selain di final Piala Eropa 2012, La Furia Roja mengalahkan Spanyol di semifinal Piala Konfederasi 2013, Spanyol juga berhasil menyingkirkan Italia melalui adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal.

Selain itu, Spanyol juga sempat mendepak Italia di semifinal Piala Eropa 2008. Ketika itu, Spanyol menang adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang tanpa gol. Dua eksekutor Italia, Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale gagal menjalankan tugasnya.

Timnas Italia

Kendati memiliki rapor bagus ketika menghadapi Italia, pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque meminta tim agar tetap berhati-hati. Menurut Del Bosque, kekalahan dari Kroasia di laga pamungkas babak penyisihan grup membuat Spanyol harus waspada. "Saya kira kami harus memperbaiki diri sebelum melawan Italia. Mereka bukan jalan yang ingin kami pilih."

Masih menurut Del Bosque, Italia bermain sangat baik dan tampil kompetitif. "Sekarang, kami bermain buruk dan kami harus bersiap melawan Italia," ujar Del Boque memperingatkan.

Pada Piala Eropa tahun ini, Italia dan Spanyol tampil cukup menjanjinkan. Kedua raksasa sepak bola dunia ini tidak perlu menunggu hingga pertandingan terakhir untuk memastikan langkah ke babak 16 besar. Italia dan Spanyol sudah menyambar tiket babak knock-out di laga kedua fase grup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.