Sukses

Fakta Menarik 16 Besar Piala Eropa: Kroasia Bisa Tembus Final

Ada fenomena deretan kiri dan deretan kanan di jalan menuju final Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Jakarta Kontestan 16 besar Piala Eropa 2016 sudah diketahui. Ada 16 tim akhirnya yang lolos. Ini terdiri dari juara dan runner up grup plus empat peringkat ketiga terbaik di fase grup.

Baca Juga

  • Portugal Lolos ke 16 Besar, Ronaldo Ukir Rekor Unik
  • Siap Tempur, Rossi Incar Kemenangan ke-10 di MotoGP Assen
  • 5 Bintang Piala Eropa yang Bakal Diboyong Madrid

Setelah melalui pertarungan hampir selama dua pekan, skema menuju final Piala Eropa 2016 akhirnya terbentuk.Dengan rincian 16 besar yaitu Swiss vs Polandia, Kroasia vs Portugal, Wales vs Irlandia Utara, Hongaria vs Belgia, Jerman vs Slovakia, Italia vs Spanyol, Prancis vs Irlandia dan Inggris vs Islandia, maka ada kecenderungan khusus seperti apa yang lolos ke final.

Ada dua deretan di komposisi ini yaitu kiri dan kanan. Duel  Swiss vs Polandia, Kroasia vs Portugal, Wales vs Irlandia Utara, Hongaria vs Belgia mengisi deretan kiri.

Dimana pemenang laga itu bakal jumpa di perempat final dan semifinal. Sedangkan deretan kanan diisi laga Jerman vs Slovakia, Italia vs Spanyol, Prancis vs Irlandia dan Inggris vs Islandia.

Dengan komposisi seperti ini, maka ada peluang Kroasia atau Portugal bisa lolos ke final untuk deretan sebelah kiri. Sedangkan untuk deretan sebelah kanan, maka harus tempuh jalan terjal menuju final.

Pemain Spanyol merayakan gol yang dicetak Alvaro Morata ke gawang Kroasia pada laga Grup D Piala Eropa 2016 di Stade Mahmut-Atlantique, Bordeaux, Rabu (22/6/2016) dini hari WIB. (AFP/Mehdi Fedouach)

Di sini, tim unggulan bisa tembus final yaitu Prancis, Inggris, Italia, Jerman dan Spanyol. 5 negara besar ini harus berjibaku di perempat final dan semifinal.

Italia salah satunya yang harus 'bunuh-bunuhan' dengan Spanyol untuk tembus ke perempat final Piala Eropa. "Saya tak tahu apakah ini positif atau tidak melawan Spanyol di fase ini," kata pelatih Italia, Antonio Conte seperti dikutip Marca.

Meski demikian tak pantas juga untuk meremehkan tim non unggulan. Wales, Swiss, Islandia dan Hongaria juga pantas untuk dicermati kiprahnya. Gelandang Islandia, Gylvi Sigurdson menilai jika saat ini Inggris lebih tertekan ketimbang negaranya.

"Yang terpenting kami tidak punya beban. Jika Inggris kalah dari kami, mereka bakal menjadi headline di media-media Inggris," ujar gelandang yang bermain di klub asal Inggris, Swansea ini seperti dikutip Skysports.

Berikut bagan road to final Piala Eropa 2016:

Road to Final Piala Eropa 2016 (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.