Sukses

Persija Jakarta Vs Sriwijaya FC: Mengasah Taring Macan

Persija baru mencetak 5 gol dari 7 laga.

Liputan6.com, Jakarta- Saatnya garang. Itulah tekad pelatih Persija Jakarta, Paulo Camargo, saat menjamu Sriwijaya FC dalam lanjutan Torabika Soccer Championship Presented by IM3 Ooredoo, pekan ke-8, Jumat (24/6). Bukan apa-apa, Persija terkendala pada ketajaman. Hingga pekan ke-7, Bambang Pamungkas cs hanya sanggup mengoleksi 5 gol.

Untuk ukuran klub sebesar Persija, 5 gol dalam 7 laga adalah sebuah catatan yang sulit dimengerti. Di lini depan bercokol pemain sekelas Bambang dan kemudian ada Jose Guerra.

Baca Juga

  • Portugal Lolos ke 16 Besar, Ronaldo Ukir Rekor Unik
  • Mourinho Segera Temui Bos Madrid, Ada Apa?
  • Sinyal Kepindahan Bintang Madrid ke MU Makin Menguat


Selain itu, Macan Kemayoran memiliki gelandang-gelandang eksplosif seperti Ambrizal Umanailo, Novri Setiawan, dan supersub Ramdani Lestaluhu.

Menghadapi Sriwijaya FC, lini depan Persija harus mengasah taring mereka. Maklum, Laskar Wong Kito memiliki pertahanan yang kokoh. Dari 7 laga baru kebobolan 3 gol. Terlebih kiper Teja Paku Alam selalu tampil gemilang di setiap laga. Dia pun tercatat sebagai kiper dengan penyelamatan terbanyak.

Camargo selaku juru racik Macan Kemayoran mengakui bahwa penyelesaian akhir timnya masih lemah. Sejumlah kemenangan yang mereka dapat pun hanya dengan skor tipis.

Untuk mengantisipasinya, Camargo bisa mengubah skema permainan di lapangan pada saat pertandingan berjalan. Pastinya, skema awal tetap 4-2-3-1.

"Kami terus membenahi persoalan penyelesaian akhir dan mencoba beberapa formasi. Menghadapi Sriwijaya FC, kami bisa saja bermain dengan beberapa formasi ketika laga berjalan. Bisa 4-4-2 atau 4-3-3," sebut Camargo seperti dilansir situs resmi Persija.

Camargo tetap akan mengandalkan Bepe - sapaan akrab Bambang, sebagai juru gedor lantaran Jose Guerra masih cedera. Dia akan ditopang tiga gelandang enerjik yakni Umanailo, Novri Setiawan, dan Ade Jantra.

Kendati begitu, Persija tak boleh terlalu asyik dan fokus menyerang demi mengasah taring mereka. Koordinasi di lini belakang tak boleh terputus lantaran Macan Kemayoran kehilangan defender tangguh Willian Pacheco yang terkena kartu merah pekan lalu. Penggantinya, Gunawan Dwi Cahyo tak boleh menjadi titik lemah, justru semakin memberikan kenyamanan bagi duetnya Maman Abdurahman.

Sriwijaya sendiri memiliki misi untuk menebus kekalahan di kandang Persegres Gresik United pada pekan ke-6. Dalam laga tandang terakhir, Beto Goncalves cs kalah 1-2 di kandang Persegres GU. Sriwijaya mendapatkan modal penting meski berlaga di kandang Persija. Kemenangan tipis 1-0 atas PSM Makassar setidaknya mampu mengangkat moril tim.

Pelatih Sriwijaya, Widodo C Putro mengatakan target minimal di kandang Persija adalah menang. Itu artinya, Sriwijaya memang mengincar poin penuh, bukan sekadar seri.

Beto yang kembali tajam setelah 3 laga beruntun tanpa gol, tetap akan menjadi sosok utama dalam penyerangan. Dia akan berkolaborasi dengan sesama penyerang asal Brail, Hilton Moreira.

Rasanya jika taring Macan Kemayoran bisa tajam, Persija memiliki kans untuk meraih kemenangan. Tapi, ketika barisan depan kerap membuang-buang peluang, Persija akan sulit mendapat poin maksimal.

Fakta Pertandingan:

- Persija terkendala pada ketajaman. Dari 7 laga di TSC baru mengemas 5 gol.
- Persija jago kandang. Dari tiga laga kandang yang sudah dilakoni, Persija selalu menang.

- Dalam laga tandang terakhir, Sriwijaya kalah 1-2 di kandang Persegres Gresik United.
- Beto Goncalves kembali mencetak gol setelah mandul dalam 3 laga terakhir.  


Perkiraan Formasi

Persija Jakarta (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Andik Rendika Rama, Gunawan, Maman Abdul Rahman, Ismed Sofyan, Amarzukih, Hong Soon Hak, Ade Jantra, Novri Setiawan, Abrizal Umanailo, Bambang Pamungkas
 
Sriwijaya (4-3-3): Teja Paku; Supardi, Fachruddin, Ngurah Wahyu, Zalnando; Ichsan Kurniawan, Yu Hyun-Koo, Eka Ramdani; Ridwan, Hilton Moreira, Beto Goncalves


Head to Head Kedua Tim
25/11/15 Sriwijaya 0-1 Persija
18/01/15 Persija 0-1 Sriwijaya
11/01/15 Persija 0-0 Sriwijaya
08/06/14 Sriwijaya 3-1 Persija
09/03/14 Persija 1-1 Sriwijaya

Lima Laga Terakhir Persija
19/06/16 Arema 1-0 Persija
10/06/16 Persija 1-0 PS TNI
29/05/16 Barito Putera 1-0 Persija
22/05/16 Perseru Serui 0-0 Persija
13/05/16 Persija 2-1 Persela

Lima Laga Terakhir Sriwijaya
18/06/16 Sriwijaya 1-0 PSM
12/06/16 Persegres GU 2-1 Sriwijaya
29/05/16 Sriwijaya 0-0 Mitra Kukar
22/05/16 Bhayangkara SU 0-1 Sriwijaya
15/05/16 Sriwijaya 5-0 Madura United    

Oleh I Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.