Sukses

Jelang GP Assen, Rossi Pede Lebih Cepat dari Marquez dan Lorenzo

Kepercayaan diri Rossi didasari oleh track record yang bagus di MotoGP Assen dan meningkatkan performa motor Yamaha YZR-M1.

Liputan6.com, Jakarta Sukses meraih podium pertama di Katalunya, Spanyol, tiga pekan lalu, pembalap Moviestar Yamaha, Valentino Rossi mengincar podium yang sama di GP Assen, Belanda, Minggu (26/6) nanti.

Kepercayaan diri yang dimiliki pembalap asal Italia ini, tak lain karena track record selama turun di GP Assen. Tercatat Rossi berhasil juara 9 kali di Assen dan tahun lalu, Rossi berhasil mengalahkan pembalap Honda, Marc Marquez. Jika berhasil juara pekan nanti, otomatis Rossi kembali mengukir rekor dengan 10 kemenangan.

"Saya suka balapan di Assen. Ini merupakan salah satu lintasan favorit saya," kata Rossi.

"Tapi, saya harus tetap fokus dan mencoba bekerja dengan cara sebaik mungkin. Saya sudah siap untuk balapan di sana," ucap pembalap berusia 37 tahun tersebut.

Selain track record yang bagus, kepercayaan diri Rossi juga didasari perkembangan motor Yamaha YZR-M1 yang tahun ini lebih kompetitif dan cepat. "Yamaha sangat kompetitif dan saya sangat menyukai ban Michelin. Itu membuat saya tumbuh dan mereka sudah familiar untuk saya," ujarnya.

Melihat kemajuan Yamaha YZR-M1, Rossi bahkan berkelakar bisa lebih cepat dari Lorenzo dan Marc Marquez. Ucapan Rossi bukan isapan jempol, hal ini dibuktikan dengan kemenangan di MotoGP Katalunya dan unggul jauh dari Marquez. 

Baca Juga

  • Intip Perbedaan Motor Lama dan Baru Milik Rossi

Valentino Rossi (JOSEP LAGO / AFP)

"Tahun lalu, saya berjuang untuk kejuaraan hingga balapan terakhir. Terkadang dalam lomba saya tidak secepat Jorge Lorenzo dan Marquez," kata pembalap asal Italia itu, dikutip dari Euro Sport.

"Namun tahun ini saya sepertinya lebih kuat dari mereka, meski saya tertinggal beberapa poin dari mereka," ucap Rossi menambahkan.

Saat ini, Rossi tertinggal 22 poin dari Marquez yang memuncaki klasemen pembalap MotoGP 2016. Jika Rossi berhasil meraih podium juara, tentunya bisa memangkas jarak dengan Marquez atau bahkan unggul dengan catatan Marquez gagal finis.

MotoGP Assen tak hanya jadi ajang pembuktian Rossi melanjutkan tren positifnya tetapi juga bagi pabrikan Yamaha. Hingga saat ini, pabrikan Yamaha tercatat paling sukses di Assen sejak era mesin 4-tak dengan meraih tujuh kemenangan, sedangkan Honda meraih lima kemenangan. Sedangkan, pabrikan asal Eropa, Ducati meraih satu kemenangan pada 2008.

Jika Yamaha YZR-M1 2016 menjadi andalan Rossi dan Lorenzo di MotoGP, lalu jagoan kamu buat jalanan ibu kota apa? Temukan jawabannya di sini.

Powered By:

Yamaha

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini