Sukses

Hanya 5 Pemain Spanyol Penuhi Syarat Bermain di Liga Inggris

Hanya lima pemain Spanyol yang memenuhi syarat mendapatkan izin kerja bermain di Liga Inggris setelah Inggris keluar dari Uni Eropa.

Liputan6.com, Madrid - Hasil referendum Brexit (British Exit) menunjukkan mayoritas rakyat Inggris ingin negaranya keluar dari Uni Eropa. Sementara ini, hasil penghitungan berpihak pada kubu Leave unggul dengan lebih dari 51 persen suara. Sedangkan kubu Remain meraup 48 persen.

Baca Juga

  • Neymar dan Messi Tak Harmonis, Ruang Ganti Barca Mulai Panas?
  • Pesawat Delay, Messi Semprot Federasi Sepak Bola Argentina
  • Brexit Bikin Real Madrid Pusing

Tak hanya berpengaruh kepada politik dan ekonomi, hasil referendum juga berdampak bagi Liga Inggris. Jika sebelumnya para pesepak bola Uni Eropa dapat bekerja di Inggris tanpa izin kerja, ke depan mungkin saja mereka diharuskan mengurus izin kerja. Masalahnya, peraturan untuk mendapatkan izin kerja di Negeri Ratu Elizabeth itu sangat sulit.

Sebagai contoh, pemain yang negaranya berada di 10 besar peringkat FIFA minimal harus bermain 30 persen untuk negaranya dalam kurun dua tahun baru bisa mendapatkan izin kerja. Sedangkan pemain yang negaranya menempati peringkat 11-20 FIFA harus bermain dalam 45 persen pertandingan internasional bersama negaranya dalam kurun dua tahun. Untuk peringkat 21-30 diharuskan 60 persen dan seterusnya.

Berdasarkan penelitian media ternama di Madrid, AS, Jumat (24/6/2016), hanya lima dari 32 pemain Spanyol yang memenuhi syarat untuk mendapatkan izin kerja bermain di Liga Inggris. Mereka adalah Cesc Fabregas, David Silva, Pedro Rodrgiuez, Santi Cazorla, dan David de Gea.

Sementara Diego Costa, Ander Herrera, dan Juan Mata tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan izin kerja karena kurangnya bermain untuk Timnas Spanyol. Hal serupa juga dialami oleh Mikel Arteta yang sudah membuat 284 penampilan di Liga Inggris. Angel Rangel yang sudah memperkuat Swansea City dalam 339 kesempatan juga tidak memenuhi persyaratan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.