Sukses

Mourinho dan Guardiola Bakal Merasakan Dampak Brexit

Devaluasi pound sterling setelah Brexit memberi dampak kepada Jose Mourinho dan Pep Guardiola.

Liputan6.com, London - Inggris telah mengambil keputusan untuk hengkang dari keanggotaan Uni Eropa. Imbas Britain Exit atau Brexit ini tampaknya bisa terasa juga hingga dunia sepak bola.

Seperti yang akan dirasakan manajer baru Manchester United, Jose Mourinho dan pelatih anyar Manchester City Pep Guardiola. Menurut situs Spanyol, Jornal de negocios, efek dari Brexit ini bakal berpengaruh pada rekening bank mereka.  

 

Baca Juga

  • Gelandang MU Pulih dari Cedera Berkat Petenis Seksi?
  • Pemain Incaran Mourinho Picu 'Perang' Fans MU dan Arsenal
  • Pemain Spesial, Madrid Disarankan Pertahankan Morata


Mourinho, yang menandatangani kesepakatan dengan MU pada Mei lalu, akan merasakan potongan gaji. Menurut Negocios, pelatih asal Portugal yang menerima gaji senilai 10 juta pounds per musim, akan dipotong gajinya sekitar 700 ribu euro karena devaluasi pound.

Potongan sangat besar justru bakal diterima Guardiola. Menurut harian Jerman Bild, mantan manajer Barcelona yang menerima gaji hampir 25 juta euro per tahun, akan mengalami kerugian mencapai 1,5 juta euro. Hengkangnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa akan mempengaruhi nilai tukar mata uang Britania, yang disebut-sebut terendah sejak 1985.

Sebelumnya dilaporkan dampak Brexit juga berpengaruh pada klub sepak bola Real Madrid. Ini terkait dengan keberadaan pemain non-Uni Eropa. 

Madrid sudah mengisi kuota pemain non-Uni Eropa pada diri James Rodriguez, Casemiro, dan Danilo. Kini, jumlah tersebut bertambah menjadi empat dengan Gareth Bale sebagai pemain non-Uni Eropa terbaru. Bale merupakan pemain berkebangsaan Wales, yang masuk dalam Inggris Raya.

Sementara, aturan Liga Spanyol hanya memperkenankan sebuah klub memiliki tiga pemain non-Uni Eropa. Karena itu, Los Blancos harus melepas salah satu pemain non-Uni Eropa mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini