Sukses

7 Fakta Menarik Duel Sengit Kroasia Vs Portugal

Kroasia belum terkalahkan di 10 laga terakhir.

Liputan6.com, Lens - Babak perdelapan final Piala Eropa 2016 akan menyajikan pertarungan sengit antara Kroasia dan Portugal. Keduanya akan berjuang demi tiket perempat final meski Kroasia dalam posisi yang sedikit lebih diunggulkan.

Tentu, tak ada yang menyangka laju Kroasia di fase grup Piala Eropa 2016 begitu mulus. Pasalnya, mereka bertemu tim-tim kuat di Grup D seperti Turki, Republik Ceko, dan Spanyol.

  • Ini Calon Korban Pertama Rezim Mourinho di MU
  • Madrid Jadi Batu Loncatan Morata Menuju MU
  • Ogah Kebobolan, Kroasia Bakal 'Matikan' Ronaldo

Faktanya, mereka justru menjadi penguasa Grup F setelah menaklukkan Turki 1-0, imbang 2-2 dengan Rep Ceko, dan menaang atas Spanyol 2-1. Hasil tersebut menjadikan mereka sebagai juara Grup F. Kini, mereka akan mendapat tantangan dari Portugal di Stade Bollaert-Delelis, Minggu (26/6/2016) dinihari.

Jika melihat rapor di fase grup, Portugal dalam posisi yang tak diunggulkan. Namun, ada beberapa fakta yang membuat Portugal tetap layak dijagokan. Berikut adalah fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Fakta Menarik


1. Kroasia hanya sekali kalah dari 10 laga terakhir di Piala Eropa (6 menang, 3 imbang). Pertarungan dengan Turki pada perempat final Piala Eropa 2008 dihitung dengan hasil imbang. Saat itu, kedua tim bermain 1-1 hingga babak tambahan. Pada adu penalti, Kroasia kalah dari Turki.

2. Kroasia juga belum terkalahkan di 10 laga terakhir mereka (8 menang, 2 imbang), catatan terbaik dibandingkan dengan kontestan lain Piala Eropa 2016.

3. Portugal adalah tim pertama yang meraih tiga hasil imbang di fase grup putaran final Piala Eropa.

4. Portugal menjadi tim terbanyak yang tampil di laga Piala Eropa (31) tanpa memenangkan kejuaraan.

5. Satu-satunya turnamen besar di mana Kroasia mampu memenangi laga di fase gugur adalah Piala Dunia 1998. Itu saat mereka meraih tiga kemenangan hingga finis sebagai peringkat ketiga. Setelah itu, rapor mereka di fase gugur adalah satu kali kalah dan satu kali imbang.

6. Tujuh gol terakhir Portugal di Piala Eropa dicetak Cristiano Ronaldo (5) dan Luis Nani (2).

7. Ronaldo sudah mengeksekusi 40 tendangan bebas di turnamen besar, tapi belum mencetak satu gol pun dari kesempatan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini