Sukses

Fakta Menarik Wales Vs Irlandia Utara: Bale Jadi Sorotan

Bale sudah menorehkan beberapa rekor di Piala Eropa 2016.

Liputan6.com, Paris - Dua tim Britania Raya akan beradu kekuatan pada perdelapan final Piala Eropa 2016 di Parc des Princes, Paris, Sabtu (25/6/2016). Wales memang jauh lebih diunggulkan, tapi bukan berarti Irlandia Utara sama sekali tak memiliki peluang.

Sejauh ini, publik terkesan dengan penampilan Wales di fase grup. Mereka sudah membuktikan bahwa mereka bukan tim yang bisa diremehkan. Sukses meraih status sebagai juara Grup B adalah pembuktian mereka. Mereka memenangkan persaingan dengan Inggris, Slovakia, dan Rusia.

Baca Juga

  • Ini Calon Korban Pertama Rezim Mourinho di MU
  • Madrid Jadi Batu Loncatan Morata Menuju MU
  • Ogah Kebobolan, Kroasia Bakal 'Matikan' Ronaldo

Satu-satunya aib mereka hanya saat menyerah 1-2 dari Inggris. Sisanya, tim besutan Chris Coleman itu menaklukkan Slovakia 2-1 dan Rusia 3-0. Pemain yang memiliki andil penting di balik sukses itu adalah Gareth Bale. Aksinya pun kembali dinanti saat bertemu Irlandia Utara.

Di lain pihak, Irlandia Utara juga sudah mengejutkan banyak kalangan dengan catatan impresif mereka selama beberapa bulan terakhir. Seperti Wales, ini adalah kali pertama mereka tampil di Piala Eropa. Hebatnya, mereka juga sukses melaju ke fase gugur.

Banyak fakta menarik yang patut disimak dari pertemuan kedua tim Britania Raya itu. Berikut adalah beberapa fakta menarik pun dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Fakta Menarik

1. Irlandia Utara tak pernah menang di delapan pertemuan dengan Wales (4 imbang, 4 kalah). Kemenangan terakhir mereka didapat pada Mei 1980.

2. Ini adalah kali pertama Irlandia Utara tampil di fase gugur turnamen besar sejak Piala Dunia 1958 di mana mereka didepak Prancis di perempat final.

3. Wales baru dua kali tampil di fase gugur turnamen besar. Sebelum Piala Eropa 2016, mereka juga sempat melaju ke perempat final Piala Dunia 1958 namun kalah dari Brasil.

4. Gareth Bale adalah pemain pertama sejak Thomas Hassler pada 1992 yang mencetak dua gol tendangan bebas di satu edisi Piala Eropa.

5. Irlandia Utara saat ini menghuni peringkat ke-25 FIFA sedangkan Wales ke-26.

6. Bale adalah top scorer Wales sepanjang masa di turnamen besar dengan koleksi tiga gol, satu gol lebih banyak dari Ivor Allchruch.

7. Wales adalah tim paling produktif di fase grup Piala Eropa 2016 bersama Hungaria dengan koleksi enam gol.

8. Irlandia Utara tak pernah kebobolan lebih dari satu gol di 16 laga terakhir.

9. Wales melepaskan 22 tendangan ke gawang di fase grup, terbanyak dari kontestan lain.

10. Irlandia Utara hanya dua kali kalah dari 15 laga terakhir (7 menang, 6 imbang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini